Temulawak, Obat Herbal Khas Indonesia yang Punya Segudang Manfaat Jika Dikonsumsi

Temulawak, Obat Herbal Khas Indonesia yang Punya Segudang Manfaat Jika Dikonsumsi

Manfaat Mengonsumsi Temulawak-rempahalamiperawatanwanita-Tangkapan layar Instagram

Selain itu, temulawak mengandung xanthorrhizol dan kurkuminoid juga berfungsi sebagai antimikroba, sehingga dapat mengatasi infeksi, membasmi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, seperti  bakteri Salmonella dan E. coli. 

BACA JUGA:Penyakit Lansia yang Sudah Banyak Dialami Anak Muda, Ada Langkah Pencegahannya !

3. Meningkatkan Fungsi Organ Hati

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa temulawak menjadi tanaman obat keluarga yang dapat menjaga kesehatan hati dengan membantu mengurangi peradangan dan kerusakan hati. 

Mengonsumsi temulawak dapat melindungi hati dari hepatotoksik di mana hepatotoksik adalah bahan kimia yang dapat merusak fungsi hati.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Temulawak mengandung senyawa aktif yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Khasiat ini berasal dari nutrisi dan antioksidan yang berlimpah, yang membantu sel darah putih bekerja lebih efektif dan meningkatkan produksi antibodi. 

BACA JUGA:Dijamin Ngiler, Ini 8 Jajanan Hits Korea yang Cocok untuk Menemanimu Nonton Drakor

Maka, saat mengonsumsi temulawak, daya tahan tubuh akan lebih kuat, tubuh akan lebih kuat melawan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit. 

5. Menurunkan Kadar Kolesterol 

Temulawak ternyata memiliki manfaat yang baik dalam penurunan kadar kolesterol darah, yang dapat membantu dalam pengelolaan risiko penyakit jantung.

Temulawak diharapkan bisa menjadi alternatif yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol, salah satunya adalah karena efek samping yang relatif lebih sedikit dibandingkan proses pemulihan yang lain. 

6. Mengatasi Diabetes 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa temulawak memiliki manfaat dalam mengatasi penyakit diabetes di mana temulawak dapat membantu mengatur kadar gula darah dan menjaganya agar tetap stabil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: