5 Alasan Temulawak Adalah Rekomendasi yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan hingga bisa Mengatasi Kanker

5 Alasan Temulawak Adalah Rekomendasi yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan hingga bisa Mengatasi Kanker

Temulawak adalah tanaman herbal obat tradisional, yang termasuk dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae)-saungpaktani-Instagram

MAGELANGEKSPRES -- Temulawak, atau yang dikenal secara ilmiah sebagai Curcuma zanthorrhiza, merupakan tanaman herbal asli Indonesia yang telah lama digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional. Tanaman termasuk dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae).

Temulawak memiliki bentuk yang mirip dengan kunyit, tetapi ukurannya lebih besar serta aroma yang khas. Akar Temulawak berwarna kuning kemerahan dan memiliki rasa yang pahit.

Akar temulawak memiliki rasa pahit dan mengandung senyawa kurkuminoid yang diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan. Kurkuminoid yaitu senyawa antioksidan yang berperan dalam melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Temulawak mengandung berbagai macam senyawa bioaktif, termasuk kurkumin, minyak atsiri, dan flavonoid. Piridoksin (vitamin B6) yaitu senyawa penting untuk metabolisme protein dan karbohidrat, serta kesehatan saraf.

BACA JUGA:Manfaat Jahe yang Nggak Cuma Bisa Menghangatkan Tapi Bisa Cegah Diabetes Juga Lho!

Zingeron yaitu senyawa antiinflamasi yang membantu meredakan nyeri dan peradangan. Temulawak telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, berikut beberapa manfaatnya yang didukung oleh penelitian:

1. Meredakan mual

Temulawak efektif meredakan mual dan muntah, terutama pada ibu hamil. Manfaat temulawak untuk meredakan mual dan muntah diduga disebabkan oleh kandungan kurkumin di dalamnya.

Kurkumin adalah senyawa aktif yang memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antiemetik. Senyawa antiemetik ini dapat membantu mengurangi rasa mual dan muntah.

BACA JUGA:6 Khasiat Temulawak untuk Kesehatan, Tanaman Herbal sebagai Obat Kanker

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Temulawak membantu meningkatkan produksi empedu, yang penting untuk pencernaan lemak. Empedu adalah cairan yang dihasilkan oleh hati dan disimpan di kantung empedu.

Empedu membantu mencerna lemak dengan memecahnya menjadi bentuk yang lebih kecil yang dapat diserap oleh tubuh.

Selain meningkatkan produksi empedu, temulawak juga dapat membantu mengatasi berbagai gangguan pencernaan, seperti sakit maag, asam lambung, dan sembelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: