Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah tentang Golongan Orang yang Diharamkan dari Api Neraka

Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah tentang Golongan Orang yang Diharamkan dari Api Neraka

Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah tentang Golongan Orang yang Diharamkan dari Api Neraka--

MAGELANG EKSPRES - Dunia hanya tempat persinggahan sementara. Pada hari Kiamat nanti hanya ada pilihan tempat tinggal yakni surga dan neraka. Tak ada pilihan yang ketiga.

Allah sudah menentukan hamba-hambanya yang bakal menempati surga maupun neraka. Semua tergantung amalan mereka selama hidup di dunia, yang akan dihisab pada hari Kiamat kelak.

Neraka adalah tempat yang paling dibenci oleh orang-orang yang beriman. Maka mereka senantiasa berusaha semaksimal mungkin agar dijauhkan dengan api neraka dengan mengerjakan perintah dan meninggalkan laranganNya.

BACA JUGA:Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah, Sebaik-baik Kesenangan Dunia adalah Wanita Salehah

Ada golongan orang yang diharamkan tersentuh dahsyatnya api neraka. Artinya golongan ini bakal selamat dari neraka dan pasti akan menjadi penghuni surga.

Orang yang masuk golongan ini tentu sudah memiliki tingkat ketaqwaan yang tinggi.

Ustadz  Syafiq Riza Basalamah  menjelaskan tentang golongan orang yang bakal diharamkan tersentuh api neraka. Mengutip hadist dari 'Abdullah bin Mas'ud rodhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alayhi wasallam bersabda :⁣

"Maukah kalian aku tunjukkan orang yang Haram baginya tersentuh api neraka..?"⁣

Para Sahabat berkata, "Mau, wahai Rosulullah..!"⁣

BACA JUGA:Orang yang Bangkrut di Hari Kiamat, Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah, Ternyata Penyebabnya Ini

Beliau shallallahu 'alayhi wa sallam menjawab,  "(yang Haram tersentuh api Neraka adalah) orang yang HAYYIN, LAYYIN, QORIIB, SAHL."  (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban, dishohihkan oleh Al-Albani)⁣

Lalu apa yang dimaksud dengan orang yang HAYYIN, LAYYIN, QORIIB dan SAHL?

HAYYIN adalah orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin. Tidak labil dan gampang marah, penuh pertimbangan. Tidak mudah memaki, melaknat serta teduh jiwanya.⁣

LAYYIN adalah ⁣orang yang lembut dan santun, baik dalam bertutur-kata atau bersikap. Tidak kasar, tidak semaunya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres