Kirab Pemilu di Purworejo Jadi Ajang Sosialisasi Pemilih Pemula

Kirab Pemilu di Purworejo Jadi Ajang Sosialisasi Pemilih Pemula

KIRAB PEMILU. Kirab Pemilu 2024 di wilayah Dapil 3 Kecamatan Banyurip dan Kecamatan Bayan dirangkai dengan edukasi dan sosialisasi bagi pemilih pemula oleh KPU Kabupaten Purworejo-foto: eko sutopo/purworejo ekspres-magelangekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Kirab Pemilu 2024 di wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Kecamatan Banyurip dan Kecamatan Bayan dirangkai dengan sosialisasi oleh KPU Kabupaten Purworejo, Selasa (7/11).

Adanya Kirab Pemilu menjadi media edukasi kepada masyarakat bahwa  jumlah kursi di Dapil 3 saat ini hanya 5 kursi dan mengajak masyarakat, khususnya pemilih pemula, untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang.

Kirab Pemilu berlangsung di Aula Serbaguna SMK YPP dihadiri oleh jajaran anggota KPU, PPS dan PPK, perwakilan parpol, serta anggota OSIS dari tiap SMA sederajat di wilayah Dapil 3 sebagai pemilih baru.

BACA JUGA:Krisis Air di Purworejo Masih Berlanjut, Polres Bangunkan Sumur Bor

Prosesi dibuka dengan pembawaan 18 bendera partai politik, sosialisasi kepada pemilih muda, penandatanganan deklarasi pemilu, penampilan dolalak dan dilanjutkan dengan Kirab Pemilu  dimulai dari Lapangan YPP.

Camat Banyurip, Siswantoro Dwi Nugroho, menyatakan bahwa acara tersebut merupakan wujud sosialisasi dari KPU Dapil 3 serta estafet kirab.

"Dapil 3 yang tadinya 6 kursi kini menjadi 5 kursi, salah satu faktornya adalah program KB yang berhasil di Dapil 3," kata Siswantoro.

Menurutnya, tidak hanya KPU, masyarakat juga memiliki peran penting dalam penyelenggaraan Pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

BACA JUGA:KPU Purworejo Terima Estafet Kirab Pemilu 2024, Ingatkan Masyarakat Bersiap Gunakan Hak Pilih

"Saya berharap semua elemen masyarakat dapat membantu menyukseskan serta menjaga integritas dan kondusivitas. Selain itu, dari masyarakat, diharapkan agar hadir ke TPS pada tanggal 14 Februari 2024," tandasnya.

Selama sosialisasi, para pelajar tampak antusias dan aktif berinteraksi. Beberapa hadiah juga disiapkan untuk para calon pemilih muda yang akan menyalurkan aspirasinya melalui Pemilu.

Suwardiyo, Anggota KPU Kabupaten Purworejo, saat memberikan sosialisasi kepada pemilih pemula menekankan agar pemula paham proses dan aturan pemilihan serta mempelajari calon wakil yang akan dipercaya untuk duduk di legislatif.

Dalam kesempatan itu, Gabriel, salah satu siswa SMA Pius, menanyakan bagaimana cara mencari informasi calon anggota legislatif yang akan dipilih.

"Kami (KPU) memiliki website sendiri, di situs tersebut dapat diakses informasi mengenai calon anggota legislatif yang akan dipilih. Selanjutnya, informasi lebih rinci tentang tiap Partai Politik dapat diperoleh dari masing-masing partai," jawab Suwardiyo menanggapi pertanyaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres