Tingkatkan Pemahaman Peserta Didik, SMKN 2 Magelang Sosialisasi Kesetaraan Gender

Tingkatkan Pemahaman Peserta Didik, SMKN 2 Magelang Sosialisasi Kesetaraan Gender

Sosialisasi Kesetaraan Gender di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMP4KB)--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES – Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Magelang mengikuti Sosialisasi Kesetaraan Gender di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMP4KB).

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (13/11/23) dan dimulai pada pukul 07.30-13.00 WIB, diikuti oleh siswa-siswi kelas XI, yang dari Program Pemasaran (PM) 1 dan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) 1-3. Para siswa datang dengan didampingi beberapa guru dari SMKN 2 Magelang.

Guru dari Bimbingan Konseling (BK) SMKN 2 Magelang, Sugiarti S Pd mengungkapkan, bahwa tujuan diadakan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman kepada peserta didik tentang keadaan setara antara laki-laki dan perempuan dalam hal pemenuhan hak dan kewajiban di kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:SMKN 2 Magelang Borong Juara Cabang Olahraga Atletik POPDA Kota Magelang

Ia juga mengungkapkan harapannya dengan diadakan sosialisasi ini, peserta didik dapat menambah wawasan memahami tentang Gender.

“Mereka dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari," harapnya.

Acara tersebut diisi oleh dua narasumber yaitu Hj Sasmiyati Satya Widyastuti SH dan Trio Santoso, yang menjelaskan pentingnya mengetahui kesetaraan gender bagi anak muda zaman sekarang.

Saat memaparkan materi, narasumber Hj Sasmiyati Satya Widyastuti mengatakan bahwa, gender merupakan perbedaan jenis kelamin yang bukan biologis atau bukan kodrat Tuhan, namun memiliki harkat dan martabat yang sama.

"Kesetaraan Gender merupakan suatu kondisi di mana porsi dan siklus sosial perempuan dan laki- laki setara, seimbang dan harmonis. Setara bukan berarti sama tetapi menjalankan peran dengan tepat sesuai kodratnya," tambahnya.

BACA JUGA:Kenalkan Dunia Kerja ke Siswa, SMKN 2 Magelang Gelar Job Fair dan P5 dengan Tema ‘Kebekerjaan’

Tidak hanya Sasmiyati yang menyampaikan apa itu kesetaraan gender, namun narasumber Trio Santoso sendiri juga menyampaikan bahwa kesetaraan gender ini sebagaimana perbedaan peran, fungsi dan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan yang dihasilkan dalam konstruksi sosial.

"Sikap dalam kesetaraan gender upaya merespon dalam memperjuangkan dan menghapus ketimpangan gender, serta menguntungkan kedua gender," jelasnya pada penyampaian materi.

Salah satu murid yang mengikuti sosialisasi Annajma Dwinda Shahnazia dari kelas AKL 3 mengatakan, bahwa dalam diadakannya Sosialisasi Iklim Kesetaraan Gender dapat memberikan aspirasi kepada kalangan anak muda di zaman sekarang yang di mana belum memahami antara perbedaan kesetaraan gender.

"Pentingnya sosialisasi tersebut dapat menyadarkan para pelajar untuk lebih menjaga diri dari akibat perubahan gender yang sering terjadi di zaman sekarang." ucapnya. SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Negeri 2 Magelang Unggul dan Juara!. (adv/ida/tim jurnalistik skanida)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres