Baca Puisi dan Mendongeng Meriahkan Peringatan Hari Guru di Kota Magelang

Baca Puisi dan Mendongeng Meriahkan Peringatan Hari Guru di Kota Magelang

Prosesi lomba baca puisi dan mendongeng Kota Magelang 2023--Panitia penyelenggara

MAGELANG, MAGELANGEKSPRESS -- Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Pahlawan, Dinas Pendidikan bersama Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia tingkat SMP Kota Magelang menyelenggarakan Lomba Baca Puisi dan Mendongeng tingkat SMP/MTs 2023 se-Kota Magelang.

Lomba baca puisi dan mendongeng ini dilaksanakan akhir pekan lalu di SMP Pantekosta, Kota Magelang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk semangat berbangsa dan berbahasa yang dapat menyatukan bangsa dengan melakukan kegiatan positif oleh generasi penerus bangsa.

Salah satu wujud dari mencapai tujuan tersebut adalah melalui kegiatan yang memelihara sastra Indonesia.

BACA JUGA:Semarak Lomba Lari Penuh Warna di Fun Color Run 2023

Lomba ini pun memiliki tema utama yaitu "Literasi untuk Indonesia". Tema ini dipilih untuk mewujudkan generasi yang tanggap terhadap sastra.

Koordinator MGMP,  Novita Candra Martanti mengungkapkan bahwa lomba baca puisi dan mendongeng ini nantinya akan menjadi agenda rutin tahunan MGMP Bahasa Indonesia setiap menyambut hari guru, hari pahlawan, maupun bulan bahasa di bulan Oktober.

"Kami ingin menanamkan minat baca pada anak-anak, sehingga seiring sejalan bisa meningkatkan literasi dan pengetahuan umum siswa-siswa SMP/MTs di Kota Magelang," tambah Novita.

Senada dengan Novita, Ketua MGMP, Adi Nugraha pun menambahkan bahwa keprihatinan terkait dunia literasi anak yang makin berkurang bisa segera tumbuh kembali.

"Oleh karena itu, kegiatan ini akan kita laksanakan tiap tahun dan akan lebih banyak bekerjasama dengan berbagai pihak guna menciptakan generasi literasi yang unggul dan berkarya untuk Kota Magelang," jelasnya.

BACA JUGA:Operasi Malam di Wonosobo, 43 Knalpot Brong Ditilang

Antusiasme siswa peserta lomba pun terlihat dalam kegiatan ini, terlebih saat dewan juri mulai memasuki ruangan lomba.

Meskipun sesekali peserta nampak tegang dan cemas, tetapi mereka tetap berusaha menampilkan yang terbaik.

Salah satu dewan juri nasional, Wicahyanti Rejeki mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus untuk mengasah bakat para siswa yang memiliki kemampuan di bidang sastra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: