CDK DLHK Regional Jateng Tanam Ribuan Pohon di Wonosobo, Jenis Apa Saja?

CDK DLHK Regional Jateng Tanam Ribuan Pohon di Wonosobo, Jenis Apa Saja?

TANAM. Penanaman bibit pohon di Lubang Sewu Desa Erorejo Kecamatan Wadaslintang, Selasa (21/11) kemarin.-istimewa-magelangekspres

WONOSOBO,  MAGELANGEKSPRES - Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VII (CDK) DLHK Regional Jateng menggerakkan giat tanam ribuan pohon di Wonosobo.

Tepatnya berada di kawasan Wisata Lubang Sewu Desa Erorejo Kecamatan Wadaslintang, Selasa (21/11).

Kepala CDK Wilayah VII, Gatot Hariyanto menyebutkan, terdapat sejumlah bibit yang ditanam di Wadaslintang meliputi1.000 batang pohon sengon, 150 batang pohon jambu kristal, durian 300 batang, dan alpukat sebanyak 500 batang bibit pohon.

"Setidaknya ada beberapa jenis bibit tumbuhan yang kita tanam di Erorejo Wadaslintang Kabupaten Wonosobo," katanya.

BACA JUGA:Cegah Perundungan, Ratusan Pelajar SMP Ikuti Sosialisasi di Polres Wonosobo

Penanaman pohon tersebut dilakukan di area Waduk Wadaslintang. Menurut Gatot Hariyanto, lokasinya dinilai sebagai tempat potensial untuk penampungan air dan juga sebagai pembangkit listrik serta fungsi lainnya yang baik.

"Potensi Waduk Wadaslintang ini akan semakin didukung dengan adanya penanaman bibit pohon. Selain itu sebagai dorongan agar kita turut menjaga lingkungan supaya ketersediaan air selalu ada, khususnya saat masim kemarau," terang Gatot Hariyanto dalam keterangan tertulis.

Tak hanya itu, bagi Kepala CDK DLHK Regional Jateng tersebut, penanaman bibit pohon diharapkan sebagai salah satu upaya mitigasi adanya bencana longsor ketika intensitas hujan mulai terjadi musim ini.

"Prioritas penanaman pohonnya di kawasan yang tampak lahannya masih gundul. Nah ini akan bermanfaat untuk mengurangi adanya banjir dan menyebabkan tanah longsor," ujarnya.

BACA JUGA:Eksperimen, Penampilan Seperti ODGJ Jadi Ciri Khas Teater Banyu Wonosobo

Dalam kegiatan tersebut, pemerintah provinsi didampingi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten, personil kepolisian dan TNI, dan juga pihak pemerintah kecamatan serta perangkat Desa Erorejo.

Saat diwawancara, Kepala DLH Kabupaten Wonosobo, Endang Lisdiyaningsih menyampaikan bahwa aksi-aksi kepedulian lingkungan melalui kegiatan tanam pohon dinilai sangat baik bagi kelestarian alam.

Terlebih Kecamatan Wadaslintang yang merupakan wilayah dataran rendah. Di mana pada saat terjadi kemarau panjang, daerahnya tampak gersang dan mengalami kekeringan.

Bagi Endang, tanam pohon jadi salah satu upaya untuk memulihkan kondisi alam yang terdampak dari musim kemarau yang begitu panjang di tahun 2023 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres