Pantai Pandan Kuning Bakal Menjadi Ikonik Kebumen Setara dengan Dufan

Pantai Pandan Kuning Bakal Menjadi Ikonik Kebumen Setara dengan Dufan

Ilustrasi wisata baru Pandan Kuning di Kebumen--Sumber Facebook _Moejeib

KEBUMEN, MAGELANGEKSPRES -- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto sedang berusaha untuk menjadikan Pantai Pandan Kuning Bakal Menjadi Ikonik Kebumen Setara dengan Dufan.

Untuk mewujudkannya, saat ini pihaknya sedang merencanakan untuk membangun objek wisata Taman Pandan Kuning di Petanahan, kawasan pantai selatan.

Menurut Bupati, Kebumen membutuhkan sebuah tempat wisata yang ikonik, yang dapat menjadi daya tarik untuk berkunjung ke Kabupaten Kebumen.

Pembangunan Taman Pandan Kuning dinilai sebagai upaya tepat dan representatif untuk memajukan pariwisata di Kebumen.

“Kami sedang membangun wisata Taman Pandan Kuning yang berada di  Pantai Petanahan. Dengan adanya tempat ini kami ingin ada sesuatu yang ikonik di Kebumen yang dapat menarik masyarakat dari berbagai daerah untuk datang ke Kebumen,” kata Bupati dalam keterangannya.

BACA JUGA:Sagara View of Karangbolong di Kebumen, Keindahan Pemandangan Alam yang Mempesona

Bupati jelaskan kenapa Taman Pandan Kuning dibangun di wilayah selatan?

Menurut dia, karena kawasan selatan cukup strategis melewati jalur nasional yang menghubungkan Bandara Internasional Yogyakarta. Lalu, Kebumen banyak memiliki pantai wisata di bagian selatan.

“Sehingga Taman Pandan Kuning menjadi objek wisata terpadu. Misalnya dari sini pengunjung bisa diarahkan ke barat menuju Pantai Menganti, Karangbolong hingga Gua Jatijajar. Kita cari tempat yang strategis, mudah dijangkau, kurang lebih 1 jam dari Bandara Yogyakarta," ujarnya.

Bupati mengatakan di Taman Pandan Kuning akan banyak wahana seru.

Sementara pada tahap awal, pemerintah menyiapkan 10 wahana seperti kolam renang anak, bom bom car, kereta anak, perahu air atau bebek air, dan juga situs cagar budaya.

Ia mengatakan, pembangunan tersebut sudah hampir selesai. Pada tahun 2024 estimasinya sudah bisa beroperasi.

Menurut Bupati, pembangunan Taman Pandan Kuning juga dimaksudkan untuk menghidupkan kembali Pantai Petanahan yang legendaris, agar semakin banyak dikunjungi masyarakat dan wisatawan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Herlina Sembilanta menambahkan, taman bermain Taman Pandan Kuning didesain hampir sama dengan Dufan di Jakarta, dimana master plan perencanaannya membutuhkan anggaran sebesar Rp 180 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: