Proyek Labkesda Minus 22 Persen, Plt Bupati Purworejo Minta Pengerjaan Dioptimalkan

Proyek Labkesda Minus 22 Persen, Plt Bupati Purworejo Minta Pengerjaan Dioptimalkan

TINJAU LABKESDA. Plt Bupati Purworejo bersama OPD terkait meninjau pembangunan Labkesda yang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso Kelurahan Pangenrejo Kecamatan/Kabupaten Purworejo.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

Akibat dari longsoran batu dan tanah, tembok rumah kamar tidur utama berlubang dan tidak dapat ditempati karena membahayakan penghuni rumah.

BACA JUGA:Progres Proyek Mini Zoo Baru 68 Persen, Wabup Purworejo: Selesaikan Tepat Waktu, Tepat Mutu

“Untuk jalan longsor ini kami berkoordinasi dengan pemerintah desa dan dinas terkait untuk segera menanggulanginya, yaitu dengan memasang bronjong dan karung berisi tanah. Ke depan tentunya akan diperbaiki dan rumah terdampak sudah mendapat bantuan dari BPBD. Menurut kepala desa mulai besok jalan akan ditutup, mengingat tanahnya masih labil, ” kata Kepala Dinas PUPR, Suranto.

Kepala UPT Pemeliharaan Jalan Irigasi (PJI) Parmono menceritakan kronologi talud longsor yaitu pada tanggal 16 November 2023 pukul 05.00 WIB. Saat itu terjadi longsoran talud (pasangan batu kali) di ruas jalan Tursino – Dilem sepanjang 12 meter tinggi tujuh meter.

Kemudian dilakukan evakuasi oleh warga masyarakat beserta TNI, BPBD Kabupaten Purworejo, dan UPT PJI DPUPR Wilayah Kemiri. Penanganan darurat menggunakan trucuk bambu dan karung plastik yang diisi tanah.

“Pada Tanggal 24 November kurang lebih pukul 16.30 WIB terjadi hujan di wilayah Desa Dilem mengakibatkan longsoran susulan di titik yang sama. Hasil penanganan darurat terkena longsor kembali dan membahayakan penghuni rumah. Ruas Jalan Tursino – Dilem di titik tersebut kondisinya kritis, sangat diperlukan penanganan segera terhadap kondisi di lapangan,” ungkapnya.

BACA JUGA: Anggaran Mini Zoo dan Hotel Ganesha Dicoret, Bakal Dilakukan Audit Terlebih Dahulu

Monitoring terakhir berlangsung di bangunan infrastruktur Perpusda. Plt Bupati mengelilingi area bangunan untuk mengecek ruang diesel dengan power 150 KVA, musala, tempat parkir, garasi, dan ruang pertemuan.

Kepala Dinpusip, Eny Sudiati menyampaikan bahwa pekerjaan lanjutan penunjang Gedung Perpusda senilai Rp3,9 miliar dikerjakan dalam waktu 150 hari kerja.

“Pembangunan infrastruktur di Perpusda Alhamdulillah selesai 100 persen dan telah diserahterimakan tanggal 3 November lalu,” terangnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres