Tempe Kemul Wonosobo Makanan Ikonik yang Diangkat sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Tempe Kemul Wonosobo Makanan Ikonik yang Diangkat sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Tempe Kemul makanan khas Wonosobo -dipayana.rm-Tangkap Layar Instagram

MAGELANGEKSPRES -- Tempe, sebagai salah satu makanan tradisional Indonesia, memiliki banyak variasi di setiap daerah.

Salah satu jenis tempe yang patut dicoba adalah Tempe Kemul, sebuah hidangan khas dari Wonosobo. Tempe Kemul adalah makanan khas Wonosobo, Jawa Tengah.

Nama "kemul" berasal dari kata Jawa "selimut", yang berarti "selimut", mengacu pada adonan yang melapisi tempe. Makanan ini terbuat dari tempe yang digoreng dengan dibalut tepung gandum, tepung tapioka, dan bumbu-bumbu.

Tempe kemul memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Rasa Tempe Kemul gurih, kriuk dan juga sedikit manis.

BACA JUGA:Mie Lethek Kuliner Khas Bantul yang Nikmat dan Lezat Cocok Untuk Musim Penghujan

Dengan cita rasa yang khas dan proses pembuatan yang unik, Tempe Kemul menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner.

Tempe kemul biasanya disajikan dengan sambal kecap atau sambal bawang. Makanan ini sering dijadikan camilan atau lauk pendamping nasi.

Tempe kemul biasanya dibuat menggunakan tempe yang sudah setengah matang. Tempe dipotong-potong menjadi ukuran sesuai selera, lalu dibalut dengan adonan tepung.

Adonan tepung terdiri dari tepung gandum, tepung tapioka, bawang putih, ketumbar, garam, dan gula pasir. Adonan tepung diaduk hingga rata.

BACA JUGA:Wajib Coba! Resto di Wonosobo Ini Tawarkan Wisata Kuliner dengan View Gunung Sindoro yang Mengagumkan

Tempe yang sudah dibalut tepung kemudian digoreng dengan minyak panas hingga matang dan berwarna keemasan. Tempe kemul yang matang akan mengembang dan renyah.

Tempe kemul bisa ditemui di berbagai tempat di Wonosobo, biasanya dijual di pasar tradisional atau warung makan di Wonosobo. Makanan ini juga dapat ditemukan di warung kaki lima hingga restoran.

Tempe kemul juga sering dibawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Makanan ini juga dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko oleh-oleh.

Tempe kemul, makanan khas Wonosobo yang populer. Kini, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang mudah dan praktis. Yuk, coba resep tempe kemul yang mudah dibuat ini di rumah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: