Hujan Lebat Seharian, Sebuah Masjid di Wonosobo Ambruk Tertimpa Longsor

Hujan Lebat Seharian, Sebuah Masjid di Wonosobo Ambruk Tertimpa Longsor

LONGSOR. Kondisi Masjid Syarif Hidayatullah pasca tertimpa longsor, Senin (4/12) sore.-Mohammad Mukarom magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Akibat curah hujan tinggi, sebagian gedung Masjid Syarif Hidayatullah di Dusun Jembarsari Kelurahan Kejiwan Wonosobo roboh tertimpa longsoran tebing setinggi 8 meter, Senin (4/12) sore.

Takmir masjid, Ustadz Yasin mengatakan insiden tersebut terjadi sekira pukul 16.00 WIB, tak lama setelah warga setempat melaksanakan jemaah salat ashar. Beruntungnya, tak ada korban jiwa dalam peristiwa sore itu.

"Habis jemaah ashar, orang-orang sudah ada yang mulai pulang karena hujan deras. Tapi ada juga yang masih santai di serambi depan masjid," ungkapnya saat ditemui Wonosobo Ekspres.

BACA JUGA:Waduh! Satu Hektar Lahan Warga Terkena Longsoran Sampah TPA, BPBD Beri Respons

Diketahui, tebing yang longsor tersebut merupakan sebuah hamparan lahan pertanian. Terdapat pohon durian yang ditanami warga turut runtuh menghantam sebagian gedung masjid.

Bagian bangunan tampak hancur, tepatnya di atap dan dinding area sholat jamaah putri itu jebol. Tebing setinggi 8 meter tersebut longsor hingga sepanjang 10 meteran.

"Kerugian yang dialami masjid kisaran Rp 50 juta," kata Ustadz Yasin.

Kepala BPBD Wonosobo, Dudy Wardoyo mengatakan longsorannya itu tak dapat diatasi seketika. Melihat hujan masih terpantau deras selama seharian kemarin.

BACA JUGA:Warga Resah Proyek Galian Pipa PDAM Wonosobo Tak Kunjung Usai

Bahkan direncanakan untuk proses evakuasi di TKP, BPBD memerlukan suatu alat berat. Pasalnya, sisi gedung yang longsor berada di sebelah timur masjid, berdempetan dengan tebing tersebut.

Sementara jalur masuk ke masjid hanya ada satu akses. Dudy menilai akan cukup mendapati kesulitan pada saat mendatangkan kendaraan untuk mengangkut bongkahan materialnya.

"Ini jalannya sempit, dan yang longsor di sisi timur belakang. Pintu masuk cuma 1, alat beratnya sulit masuk," katanya.

Dudy menyampaikan, masjid tersebut akan dikosongkan untuk sementara waktu. Ia juga mengimbau agar tidak masuk ke lokasi longsor, dikhawatirkan ada insiden susulan karena curah hujan cukup tinggi belakangan ini.

BACA JUGA:Galian Gorong-gorong di Wonosobo Longsor, 3 Pekerja Meninggal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres