Penggunaan ETLE Drone di Purworejo Kembali Dimonitor Polda Jateng

Penggunaan ETLE Drone di Purworejo Kembali Dimonitor Polda Jateng

MONITOR ETLE DRONE. Ditlantas Polda Jateng yang dipimpin AKP Tri Afandi, Kanit VI Subditgakkum, melakukan sosialisasi dan monitoring serta merefleksi kembali penggunaan ETLE Drone kaitannya dengan penindakan pelanggaran lalu lintas di Purworejo, Selasa (1-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Ditlantas Polda Jateng yang dipimpin AKP Tri Afandi, Kanit VI Subditgakkum, melakukan sosialisasi dan monitoring serta merefleksi kembali penggunaan ETLE Drone kaitannya dengan penindakan pelanggaran lalu lintas di Purworejo, Selasa (12/12) siang.

Sosialisasi uji coba difokuskan di pertigaan lampu merah kolam renang Purworejo Arta tirta Purworejo.

Turut mendampingi dari jajaran Satlantas Polres Purworejo antara lain KBO Iptu Muslim Hidayat, Kanit Gakkum Iptu Eko Rosdianto, Kanit Patwal Iptu Subandi, Kanit Dikyasa Ipda Gatot H serta sejumlah anggota.

BACA JUGA:Uji Coba ETLE Drone di Simpang 4 Pakelan Magelang, Deteksi Pelanggaran Lalu Lintas

AKP Tri Afandi pada sela-sela kegiatan menyebutkan, sosialisasi dan monitoring dilakukan sebagai tindak lanjut dari personel Satlantas Polres Purworejo mengikuti pelatihan pada 19 September 2023 lalu.

"Kita mereview dan merefresh kembali, sebelum nanti kemungkinan ada pendistribusian Drone ke jajaran, rekan-rekan di sini sudah siap," ujar Afandi.

Menurutnya, ETLE Drone ini merupakan sarana seperti ETLE yang lain, seperti statis maupun hand held. Alat ini menggunakan Drone yang lebih efisien, lebih mobile dan lebih menjangkau tempat rawan pelanggaran yang tidak ter-backup oleh ETLE statis maupun ETLE hand held.

Saat uji coba yang berlangsung lebih kurang terbang 3-5 menit, ter-capture beberapa pelanggaran terutama tidak menggunakan helm serta tidak menggunakan sabuk keselamatan.

BACA JUGA:SMA N 7 Purworejo Bentuk Agen Perubahan Anti Perundungan

Ada sekitar 10 pelanggaran yang tertangkap kamera Drone dalam uji coba tersebut.

Pelanggar yang sudah ter-capture ini, jelas Afandi, datanya dikirim ke back office untuk diverifikasi dan divalidasi. Kalau sudah valid, sesuai dengan Nopol yang tertera, nantinya dikirim surat ke pelanggar menggunakan surat konfirmasi.

"Selanjutnya pelanggar akan mengkonfirmasi ke Satlantas Polres Purworejo," terangnya.

Tindak lanjut dari sosialisasi dan uji coba ini, kata Afandi, pihaknya menunggu launching dari Dirlantas yang sebentar lagi menjabat Wakapolda dan Launching akan dilakukan kemungkinan sebelum yang bersangkutan menjabat menjadi Wakapolda.

"Ada 6 Drone yang ada di Ditlantas, untuk selanjutnya menunggu petunjuk mau didistribusikan ke polres-polres mana Drone tersebut," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres