SMKN 2 Magelang Gelar Seminar Toleransi Agama dan Budaya Bersama Kesbangpol dan Kemenag Kota Magelang

SMKN 2 Magelang Gelar Seminar Toleransi Agama dan Budaya Bersama Kesbangpol dan Kemenag Kota Magelang

SMKN 2 Magelang Gelar Seminar Bersama Kepala KESBANGPOL dan Kepala Kementerian Agama Kota Magelang Mengenai Toleransi Agama dan Budaya-dokumen smkn 2 magelang-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Magelang menggelar Seminar dengan tema, "Indahnya Toleransi Agama dan Budaya". Seminar tersebut dilaksanakan di Gedung Badan Kesatuan Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol) Kota Magelang pada Kamis, 14 Desember 2023.

Kegiatan ini dimulai dari pukul 07.00-12.00 yang diikuti oleh 98 peserta dari perwakilan masing-masing Organisasi dan Ekstrakurikuler yang ada di SMKN 2 Magelang.

Seminar dibuka oleh master of ceremony (MC) yaitu Ike Meisari Silvana S.Pd.I, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Siti Salwa dari kelas XI Akuntasi 3. Lalu disambung lagi dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Akrom Musabbihin S.Pd, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala SMKN 2 Magelang yang diwakilkan oleh Wakil Kepala bidang Kesiswaan (WKS 2), yaitu oleh Drs Agus Suprianto.

BACA JUGA:SMKN 2 Magelang Gelar Kunjungan Outing Class XI ke Jogja dan Semarang

Dalam sambutannya Agus Suprianto mengungkapkan, bahwasannya dalam kegiatan seminar kali ini memberikan toleransi agama dan budaya terhadap para siswa-siswi SMKN 2 Magelang.

“Dua narasumber kami di Kesbangpol dan Kepala Kementerian Agama Kota Magelang ini dengan hikmat dan menerapkan apa yang sudah diberikan dalam segi seminar pada kali ini." ungkapnya.

Sementara Kepala Kesbangpol Drs. Agus Satiyo Hariyadi, MSi mengatakan, bahwa tujuan dari melaksanakan kegiatan tersebut adalah, untuk menumbuh kembangkan semangat, spirit, dan rasa toleransi di mana banyak perbedaan dalam kehidupan bermasyarakat, maupun di kalangan.

"Kita butuh mengembangkan rasa toleransi yang akan menjadi basis untuk pembangunan kemanusiaan dalam arti untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa maupun di masyarakat sekitar,” ucapnya.

BACA JUGA:Tingkatkan Pemahaman Peserta Didik, SMKN 2 Magelang Sosialisasi Kesetaraan Gender

Pemaparan materi pertama mengenai perpancasilaan antara kebangsaan dan berketuhanan, yang bersangkutan dengan nilai dasar kehidupan bernegara dan bermastarakat yang disampaikan oleh Drs. Agus Satiyo Hariadi, Msi.

Kemudian materi kedua yang dipaparkan oleh Muhammad Soleh Mubin, S.Ag., M.H, selaku Kepala Kementerian Agama Kota Magelang. Pemaparan materi kedua ini juga masih sama dengan yang pertama, yaitu membahas, "Toleransi Agama dan Budaya".

Di akhir penyampaian materi, Muhammad Soleh Mubin memberikan motivasi untuk peserta seminar kali ini.

"Ojo Sebab Dadi Maksiate Wong Lio, artinya apapun itu kita jangan menjadi sebab dari maksiat orang lain," ujarnya dengan lantang.

BACA JUGA:SMKN 2 Magelang Borong Juara Cabang Olahraga Atletik POPDA Kota Magelang

Dr. Agus Satiyo Hariadi, MSi, memberikan harapannya mengenai kegiatan kali ini,. Ia berharap kedepannya untuk siswa-siswi SMKN 2 Magelang semakin memperkuat kondisi indentitas di daerah Kota Magelang ini, dengan memberikan penyebaran informasi serta konten-konten kreatif yang mengajak untuk bertoleransi serta bekomitmen pada Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, serta NKRI. SMK Bisa! SMK Hebat! SMKN 2 Magelang Unggul dan Juara!. (adv/annajma&yulia/tim jurnalistik skanida)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: