Kembali Raih APE 2023, Pemkot Magelang Komitmen Atas Kesetaraan Gender

Kembali Raih APE 2023, Pemkot Magelang Komitmen Atas Kesetaraan Gender

Kembali Raih APE 2023, Pemkot Magelang Komitmen Atas Kesetaraan Gender-Burhan Sugiono-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Pada tahun 2023, Kota Magelang berhasil meraih kembali Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) kepada Wali Kota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz, di Gedung Metro TV Jakarta pada Selasa 19 Desember 2023 kemarin.

Setelah menerima trofi APE dari menteri PPPA Bintang Puspayoga, Dokter Aziz menyatakan, rasa syukurnya atas penghargaan APE 2023 yang diberikan kepada Kota Magelang dalam Kategori Nindya.

"Saya berharap bahwa dengan adanya penghargaan ini, perhatian terhadap masalah gender sebagai indikator untuk mencapai SDGs akan semakin meningkat di setiap Kota dan Kabupaten," harapnya.

BACA JUGA:Catat Jadwalnya! Gebyar Vaganza Kota Magelang di Malam Tahun Baru 2024

Selain itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMP4KB) Kota Magelang, Nasrodin mengatakan, pemberian APE dilakukan berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pengarusutamaan Gender (PUG) 2023 yang melibatkan tahapan verifikasi administrasi, verifikasi lapangan melalui sampling, dan verifikasi akhir.

"Tahun 2023 ini terdapat lima kategori yang terdiri dari Madya, Nindya, Utama, dan Mentor. Kota Magelang pada tahun ini berhasil meraih kategori Nindya APE," ucap Nasrodin.

Dirinya juga berharap, agar persiapan ke depannya dapat menjadi lebih baik dengan melibatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk Penilaian Usaha Kecil Menengah (PUG).

BACA JUGA:Pemkot Magelang Gelar Nikah Massal, Ada 2 Pasangan Dapat Hadiah Spesial dari Walikota

Tidak hanya itu saja, Kepala Bappeda Kota Magelang, Handini Rahayu menegaskan, bahwa APE merupakan bentuk penghargaan dari pemerintah terhadap komitmen dan peran aktif pemerintah daerah serta lembaga dalam mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

"Kota Magelang perlu melakukan upaya peningkatan dan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus mendukung penuh dalam menerapkan pengarusutamaan gender dalam pembangunan nasional di Kota Magelang," ucap Handini.

Selain itu, pihaknya sangat menghargai semua pihak terkait, termasuk masyarakat, atas upaya mereka dalam meningkatkan kesetaraan gender di Kota Magelang. Prestasi ini patut diapresiasi.

BACA JUGA:Masjid Al Mahdi Kota Magelang, Masjid Unik dengan Arsitektur China yang Mirip Kelenteng

Sementara itu, Menteri PPPA Bintang Puspayoga memberikan apresiasi kepada kementerian atau lembaga, pemerintah daerah (pemda) provinsi, kabupaten maupun kota yang berhasil melaksanakan pengarusutamaan gender di lembaga mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres