Celebrity Endorsment : Gairah Kesenangan dan Niat Beli Konsumen

Celebrity Endorsment : Gairah Kesenangan dan Niat Beli Konsumen

ANGGIT PAMUNGKAS--

Selebgram memiliki daya pengaruh yang kuat dan jumlah pengikut yang besar, menjadikannya sarana yang efektif bagi pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka. 

BACA JUGA:Sosialisasi Hasil Studi Dampak Sosial-Ekonomi, Traveloka Dorong Pertumbuhan Pariwisata Berkelanjutan

Hal ini menarik untuk diperhatikan, terutama dalam rangka mengevaluasi dampak penempatan iklan di Instagram selebritis terhadap minat dan keinginan beli konsumen terhadap produk tertentu.

Selebgram memiliki pendekatan unik dalam memasarkan produk kepada pengikutnya. Beberapa selebgram seringkali mempromosikan merek makanan yang serupa, dan hal ini dapat memicu perbandingan visual antara promosi mereka. 

Pengikut atau konsumen cenderung mempertimbangkan visual terbaik di antara kedua selebgram tersebut saat menilai makanan yang dipromosikan. 

Kesenangan yang dirasakan oleh pengikut tercermin dari hubungan dekat yang terjalin di antara mereka, sehingga apapun yang dibicarakan atau dipromosikan oleh selebgram dianggap dapat dipercayai dan diikuti oleh para pengikut.

BACA JUGA:Beri Motivasi di BPP Mojosongo, Kementan: Pertanian Berkontribusi Nyata untuk Ekonomi

Niat beli konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk bagaimana selebgram menyajikan iklan makanan secara menarik, seperti ekspresi autentik terhadap rasa yang terkandung dalam makanan tersebut. 

Kesenangan konsumen dapat tercermin dari sejauh mana mereka aktif mencari informasi tentang produk yang dipromosikan oleh selebgram.

Disamping memiliki fame yang besar, celebrity endorsement juga berdampak substansial pada para pengikutnya. Dengan menggunakan pendekatan "soft-selling" untuk memengaruhi persepsi konsumen, celebrity endorsement mampu memberikan edukasi kepada konsumen lewat informasi yang mereka tuturkan. 

Penyampaian informasi tersebut dapat menguatkan kepercayaan pembeli kepada produk, yang pada akhirnya mempengaruhi keputusan pembelian. 

Pemanfaatan celebrity endorsement juga dipandang berhasil dalam kampanye promosi di Instagram, dengan pemasar menganggap pemasaran influencer sebagai sarana yang efektif untuk mencapai sasaran pemasaran mereka. 

Endorsement yang umum ditemukan di Instagram seringkali berkenaan dengan produk kuliner. Mengacu pada data Badan Ekonomi Kreatif tahun 2020, divisi sektor kuliner mendominasi dengan partisipasi sebesar 41,69%. 

Adanya selebgram dan pengguna Instagram yang memasarkan beragam kuliner semakin menarik minat para pengikut.

BACA JUGA:Median Jalan di Gulon Magelang, Merugikan Perekonomian Masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: