Analisis Vegetasi : Keanekaragaman Tumbuhan di Sepanjang Sungai Progo

Analisis Vegetasi : Keanekaragaman Tumbuhan di Sepanjang Sungai Progo

Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Tidar melakukan Praktikum Identifikasi Kualitas Air Berdasarkan Kelimpahan Makrobentos dan Analisis Vegetasi di Sungai Progo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah-Fadillah Rhizky R-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Tidar melakukan Praktikum Analisis Vegetasi dan Makrobentos di Sungai Progo, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kegiatan praktikum ini dilakukan sebagai perwujudan dari teori yang dipelajari oleh mahasiswa.

Praktikum tersebut diikuti oleh 126 mahasiswa yang didampingi oleh 3 asisten dan 2 dosen.

BACA JUGA:Identifikasi Kualitas Air Berdasarkan Kelimpahan Makrobentos di Sungai Progo

Kegiatan praktikum ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu Sabtu, 2 Desember 2023 dan Minggu, 3 Desember 2023.

Tujuan diadakannya praktikum ini adalah untuk mengetahui varietas, kerapatan dan vegetasi yang mendominasi di sekitar aliran Sungai Progo serta untuk mempraktekkan teori tentang kuadrat sampling yang telah dipelajari.

BACA JUGA:Celebrity Endorsment : Gairah Kesenangan dan Niat Beli Konsumen

Untuk mengetahui lebih detail mengenai keanekaragaman jenis tumbuhan yang ada di lokasi, mahasiswa melakukan analisis di berbagai titik sepanjang aliran sungai progo diantaranya adalah di Romdiyo Batu Samur, Warung Marsudi, Warung Pojok, Cafe Progo serta Jembatan Kaca.

Disetiap titik dibuat petak sebesar 5mx5m, 2mx2m dan 1mx1m, lalu seluruh tumbuhan yang ada di dalam petak tersebut diidentifikasi dan dihitung jumlah individu setiap jenisnya.

Hasil analisis menemukan setidaknya 43 spesies tumbuhan di tepian Sungai Progo.

Beberapa diantaranya yang mendominasi adalah Daun Asam Kecil, Legetan, Daun Burung Beo, Rumput Gajahan, Daun Parila, Galunggang, Teki Ladang serta Kremah.

BACA JUGA:HEBAT! Yuni Dwi Guru MAN Kabupaten Magelang Juara Anugerah GTK 2023

Vegetasi yang berada di tepian Sungai Progo didominasi oleh jenis semak dikarenakan tumbuhan jenis semak mudah tumbuh di tempat yang memiliki intensitas cahaya sedang dan tempat yang lembab.

Hasil analisis sungai ini, menunjukan bahwa ekosistem disepanjang Sungai Progo masih alami dengan keanekaragaman tumbuhan yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: