SAH! 20 Unit Rumah Khusus di Kota Magelang Segera Dihuni Warga

SAH! 20 Unit Rumah Khusus di Kota Magelang Segera Dihuni Warga

KemenPUPR Mewujudkan 20 Unit Rusus Untuk Kota Magelang-Burhan Sugiono-Magelang Ekspres

MAGELANGEKSPRES -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menuntaskan pembangunan Rumah Khusus (Rusus) di Kota Magelang, tepatnya di kawasan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara.

Terdapat 20 unit Rusus yang dibangun sebagai hadiah karena Pemkot Magelang berhasil meraih penghargaan sebagai Pengelola Rumah Khusus Terbaik tahun 2023 dari KemenPUPR dalam rangka Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2023.

Secara simbolis, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Magelang, Bowo Adrianto menerima Rusus Kedungsari dari PPK Rusun dan Rusus Satker Penyediaan Perumahan DIY KemenPUPR Rizki Narwidina di kompleks Rusus Kedungsari, pada hari Rabu 3 Januari 2023.

Acara tersebut juga dihadiri langsung oleh Hajar Kusuma, perwakilan dari Balai Pelaksana Penyedia Perumahan Jawatiga, KemenPUPR, beserta jajarannya.

BACA JUGA:Kronologi Kasus Penusukan di Jalan Pahlawan Kota Magelang, Pelaku Ternyata Punya Hutang

Rizki Narwidina mengungkapkan bahwa, Rusus Kedungsari direncanakan untuk dibangun mulai tanggal 23 Oktober 2023 dan selesai pada tanggal 19 Desember 2023 lalu.

Rusus ini memiliki luas bangunan sekitar 30,77 meter persegi dan luas kavling sekitar 37,45 meter persegi.

"Rusus Kedungsari merupakan bentuk penghargaan yang diberikan kepada Kota Magelang sebagai Pengelola Rusus Terbaik 2023 pada acara Hapernas yang telah berlangsung," imbuhnya.

Dari 20 unit rumah dengan tipe 28 ini, dapat menampung sekitar 80 orang.

Setiap unit rumah terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 dapur, teras depan, teras belakang, dan septictank konvensional.

BACA JUGA:2.115 Warga Temanggung Belum Perekaman E-KTP

Pihaknya juga telah menyiapkan fasilitas yang lengkap demi kenyamanan.

"Mulai dari listrik PLN dengan daya 1.300 kVA (token prabayar), jalur air bersih PDAM, serta saluran drainase tertutup di sisi kiri dan kanan dengan lebar 50 cm," tambah Rizki.

Di samping itu, Rusus Kedungsari juga memiliki fasilitas bangku taman, pagar keliling, vegetasi Tabebuya, dan lampu PJU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres