Universitas Negeri Semarang Umumkan Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru, Ini Beberapa Prodi Unggulannya

Universitas Negeri Semarang Umumkan Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru, Ini Beberapa Prodi Unggulannya

Penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang tahun 2024--TANGKAPAN LAYAR-Instagram

MAGELANGEKSPRES -- Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah mengumumkan kuota penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 sebanyak 11.300, tersebar di 9 fakultas atau 74 program studi D3/S1.

Surat Keputusan Rektor B692/UN37/HK/02/2023 menetapkan tiga jalur seleksi, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 20%, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 30%, dan Seleksi Mandiri (SM) UNNES 50%, mengikuti aturan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020.

BACA JUGA:UNNES Tawarkan Fleksibilitas dengan Membuka Program Magister dan Doktor By Research

Prodi Ilmu Hukum memimpin dengan kuota 925, diikuti Pendidikan Guru Sekolah Dasar (575), Manajemen, dan Akuntasi (masing-masing 450), serta Ekonomi Pembangunan (300).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Zaenuri, MSi, Akt, mengundang talenta unggul dari seluruh Indonesia untuk mendaftar ke UNNES, menekankan kualitas pendidikan tinggi tersebut.

BACA JUGA:Analisis Vegetasi : Keanekaragaman Tumbuhan di Sepanjang Sungai Progo

UNNES, sebagai perguruan tinggi unggul, memiliki akreditasi institusi unggul, mayoritas program studi dengan akreditasi unggul dan A, serta akreditasi internasional untuk beberapa program studi.

Para calon mahasiswa diminta untuk selalu memantau informasi resmi di laman SNPMB, website, dan media sosial resmi UNNES.

BACA JUGA:Ayo Daftar MSIB! Panduan Lengkap Cara Daftar dan Tips MSIB Kampus Merdeka

Proses seleksi nasional dimulai pada 28 Desember 2023, dan masa pengisian PDSS berlangsung dari 9 Januari hingga 9 Februari 2024.

Pendaftaran SNBP berlangsung pada 14–28 Februari 2024, sementara SNBT dijadwalkan pada 21 Maret hingga 5 April 2024, dengan tes dilaksanakan dalam dua gelombang pada April hingga Mei 2024.

BACA JUGA:Kenapa Harus Kuliah? Inilah Alasan Pentingnya Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang yang Lebih Tinggi!

Seleksi Mandiri (SM) UNNES diperkirakan dibuka pada Mei 2024 melalui berbagai jalur, seperti seleksi mandiri prestasi, nilai UTBK, rapor, reguler berbasis tes, kelas internasional, dan PGSD Unggulan.

Informasi pendaftaran secara berkala dipublikasikan di laman unnes.ac.id/admission.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: