Shalat Subuh dan Isya berjamaah, Amalan Ringan dengan Pahala Besar Sampai Ada Orang yang Rela Merangkak

Shalat Subuh dan Isya berjamaah, Amalan Ringan dengan Pahala Besar Sampai Ada Orang yang Rela Merangkak

Shalat Subuh dan Isya berjamaah, Amalan Ringan dengan Pahala Besar Sampai Ada Orang yang Rela Merangkak--

MAGELANG EKSPRES- Diantara amalan ringan yang dicontohkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam adalah Shalat Subuh dan Isya berjamaah di masjid. Ada jaminan pahala besar dari Allah Ta’ala bagi orang-orang yang senantiasa melakukan amalan ini.

Amalan ini sungguh ringan bagi orang-orang yang bertaqwa namun berat bagi orang-orang munafik.

Pilihan tergantung pada diri Anda, apakah ingin menjadi orang-orang yang bertaqwa dengan konsekuensi melaksanakan amalan tersebut ataukah ingin menjadi bagian dari orang-orang munafik yang mengabaikan amalan tersebut? Tentu kita ingin menjadi bagian dari orang-orang yang bertaqwa.

BACA JUGA:Nggak Cuma Sholat, Ini Amalan yang Perlu Disertai Wudhu

Maka jangan pernah tinggalkan Shalat Subuh dan Isya berjamaah di masjid.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam dalam sejumlah hadist menyebutkan keutamaan dari Shalat Subuh dan Isya berjamaah di masjid.

Diantaranya yang paling populer menyebutkan bahwa bagi orang yang melaksanakan shalat Isya berjamaah, maka seolah ia telah melaksanakan shalat separuh malam dan bagi yang melaksanakan shalat Subuh berjamaah, maka seolah ia telah melaksanakan shalat semalaman penuh.

Dalil Pertama

Dari ‘Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barang siapa yang melaksanakan shalat Isya berjamaah maka seolah ia telah melaksanakan shalat separuh malam. Dan barang siapa yang melaksanakan shalat Subuh berjamaah maka seolah ia telah melaksanakan semalam penuh.” (HR Muslim no.656)

BACA JUGA:Shalat Berjamaah di Masjid, Amalan Ringan Mengangkat Derajat Seseorang, Cek di Masjid Sekitar Anda!

Dalil Kedua

Dalam riwayat Tirmidzi, dari ‘Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa yang menghadiri shalat Isya berjamaah, maka baginya shalat separuh malam. Dan barangsiapa yang melaksanakan shalat Isya dan Subuh berjamaah, maka baginya seperti shalat semalaman.” (HR. Tirmidzi, no. 221. Ia mengatakan hadits ini hasan shahih).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres