Cak Imin di Wonosobo, Petani Minta Reaktivasi Kereta

Cak Imin di Wonosobo, Petani Minta Reaktivasi Kereta

SAPA. Gus Imin sapa warga Desa Tieng Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Sabtu (27/1). -MOHAMMAD MUKAROM-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES -- Ketua Kelompok Tani (Poktan) Adhi Guna Farm Kecamatan Kejajar, Adi Nurcholish mengeluhkan mahalnya jasa angkut untuk pemasaran hasil pertanian.

Ia mengusulkan agar ada reaktivasi kereta api, namun tak direspon oleh cawapres, Muhaimin Iskandar.

Usulan tersebut disampaikan Adi Nurcholish di hadapan cawapres yang biasa disapa Gus Imin, pada acara "Petani Curhat, Gus Imin Menjawab" di GOR Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Sabtu (27/1).

"Usulannya belum terjawab oleh Gus Imin. Tapi yang pasti kami ingin, ketika jadi wakil presiden, semoga bisa tercapai," kata Adi Nurcholish saat diwawancara Wonosobo Ekspres di sela-sela kegiatan kampanye pasangan calon (Paslon) 01, lusa kemarin.

BACA JUGA:Pengamat Respons Positif, Prabowo Siapkan Posisi Strategis Maruarar Sirait di TKN

Ia menyampaikan, usulan tersebut berangkat dari keresahan petani di Wonosobo.

Ia mengungkapkan, salah satu kendala petani dalam pemasaran hasil produksinya adalah transportasi.

Bagi Adi Nurcholish, hal itu bagian dari keluhan mahalnya penggunaan sarana dan prasarana (sarpras) pendistribusian hasil pertanian.

Adi menerangkan, kasusnya ditemukan ketika petani hendak mengirimkan hasil pertaniannya kepada konsumen dengan jumlah tinggi.

BACA JUGA:Jokowi Temui Nasabah PNM Magelang, Tekankan Untuk Disiplin Bayar Cicilan dan Kerja Keras

Karena terkendala transportasi, petani musti merogoh saku yang cukup mahal saat menggunakan angkutan umum.

"Sarpras produksi kita tidak dipungkiri bahwa semuanya mahal. Transportasi permasalahan cukup pelik. Ketika kami hanya punya opsi mengirim sayur ke Jakarta misalnya, hanya ada truk dengan kuota 7 atau 4, ketika ada permintaan harga tinggi tapi permintaan hanya 100 kg, kalau dititipkan ke bis itu kan mahal sekali," jelasnya.

Alasan tersebut membuatnya harus menyampaikan aspirasinya kepada Gus Imin, agar dapat mengaktifkan kembali jalur-jalur kereta api yang menghubungkan antara Kabupaten Wonosobo dengan daerah lainnya.

BACA JUGA:Di Wonosobo Event Garung Keren Nyawiji Kembali Digelar Setelah Sekian Lama Vakum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres