Puluhan Pelajar di Purworejo Bersaing dalam Final Lomba Literasi

Puluhan Pelajar di Purworejo Bersaing dalam Final Lomba Literasi

JUARA. Para Juara Lomba Literasi secara simbolis menerima penghargaan usai menjalani babak final di Aula Kantor Dindikbud Purworejo.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purworejo mendorong adanya peningkatan literasi siswa melalui program-program berkelanjutan.

Salah satunya yakni dengan meluncurkan event inovatif berupa Lomba Literasi bagi siswa jenjang SD dan SMP sederajat dan akan disusul dengan Pesta Literasi.

Widyaprada Dindikbud Kabupaten Purworejo, Umul Hidayah SPd MPd, menyebut Lomba Literasi telah diawali dengan babak penyisihan secara Daring pada akhir 2023 dengan jumlah total peserta sebanyak 276 siswa. Jumlah itu terbagi atas 4 cabang lomba.

BACA JUGA:Beragam APK di Purworejo Masih Terpasang, Tim Gabungan Lakukan Penertiban

Masing-masing yakni 138 peserta Cabang Cipta dan Baca Puisi SD, 70 peserta Cabang Cipta dan Baca Cerita Cekak (Cerkak) SD, 19 peserta Cabang Cipta dan Baca Geguritan SMP, serta 49 peserta Cabang Cipta dan Baca Cerpen SMP.

Enam besar terbaik dari masing-masing cabang kemudian kembali diadu dalam Final Lomba Literasi Tingkat Kabupaten di Aula A dan B Dindikbud Purworejo selama 2 hari, Selasa-Rabu (6-7/2).

“Lomba Literasi ini baru pertama digelar dan menjadi inisiatif Kabupaten Purworejo untuk  mendukung literasi dan numerasi kurikulum merdeka,” katanya, Senin (12/2).

Diungkapkan, Lomba Literasi menjadi terobosan untuk menggeliatkan literasi di tengah gempuran era digital yang menyebabkan merosotnya tingkat literasi siswa. Selain penghargaan, para juara dari masing-masing cabang lomba dan jenjang sekolah akan diberi kesempatan untuk tampil dalam event  Pesta Literasi Kabupaten Purworejo di SMAN 4 Purworejo pada 24 April 2024 mendatang.

BACA JUGA:Pewarta dan PTMSI Purworejo Gelar Turnamen Tenis Meja, Peringati Hari Pers Nasional

“Pesta Literasi ini juga baru pertama dan inisiatif dari kabupaten. Harapannya pembinaan literasi bisa lebih greget sehingga anak-anak lebih termotivasi,” ungkapnya.

Final Lomba Literasi berlangsung berlangsung ketat. Enam finalis dari masing-masing cabang menampilkan kemampuan terbaik untuk menulis dan menampilkan karyanya.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri diketahui, Juara 1 Lomba Cipta dan Baca Puisi Jenjang SD diraih oleh Aisyah Ayudya Inara dari SDN 1 Kutoarjo. Disusul juara 2 dan 3 secara berurutan yakni Raisya Nuraeni dari SDN Bandung dan Muhammad Ilham Febrian dari SDN Purbayan.

Kemudian untuk Juara 1-3 Lomba Cipta dan Baca Cerkak Jenjang SD berurutan diraih Hafiza Khaira Latifa dari SDN Sambeng, Alesya Dewi Kusuma Ratih dari SDN Kroyolor, dan Aroannajatidari SDN Rejowinangun.

BACA JUGA:Logistik Pemilu di Kota Magelang Dikirim, Dapat Pengawalan Ketat Aparat Kepolisian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres