Kasus Suap Komisioner KPU Wonosobo, Belasan Saksi Kunci Dipanggil Bawaslu

Kasus Suap Komisioner KPU Wonosobo, Belasan Saksi Kunci Dipanggil Bawaslu

Koordinator Kompilasi, Kholiq Arif (tengah) memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor Bawaslu, Selasa (13/2) petang-Mohamamd Mukarom-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES Bawaslu Wonosobo sudah melakukan pemanggilan dan mengantongi bukti-bukti dari belasan saksi kunci, dalam laporan kasus oknum Komisioner KPU.

Hasil tersebut membuat dugaan Koalisi Masyarakat untuk Pemilu Bersih dan Berintegritas (Kompilasi) kepada RR semakin menguat.

Dalam pemanggilan para saksi, di mana terdapat sejumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang ikut terseret dalam kasus tersebut, akhirnya Bawaslu dapat mengantongi barang bukti, salah satunya berupa uang senilai Rp 243,5 juta.

BACA JUGA:Komisioner KPU Wonosobo yang Diduga Terlibat Suap Datang ke Bawaslu Saat Dini Hari

Proses pemeriksaan PPK dilakukan semenjak Senin (12/2) lusa kemarin hingga Selasa (13/2) siang.

"Infonya, Gakkumdu sudah memeriksa 14 saksi dan menindaklanjuti 5 lainnya, dan kami yang terakhir untuk dimintai penetapan keterangan atas laporan yang kita kirim, dan kita sudah tandatangani," ungkap Koordinator Kompilasi, Kholiq Arif dalam wawancara doorstop di Kantor Bawaslu.

Kholiq bersama tim Kompilasi begitu yakin akan laporannya.

BACA JUGA:Bawaslu Wonosobo Sita Uang Suap Rp 243 Juta dari Komisioner KPU

Bahkan secara terang-terangan, ia turut menduga bahwa terlapor berinisial RR tidak beraksi sendirian, namun melakukan aksi tindak pidana ini secara kompromi.

"Kami yakin terduga tidak sendirian, bukan berarti kami laporkan dia karena alasan politis tapi pasti ada orang di belakang,” ujarnya.

Dia mendesak, agar Bawaslu dan kepolisian, serta Gakkumdu untuk mendalami lebih detail terkait kasus tersebut.

"Secara otomatis, karena ada dugaan suap, di mana informasi yang kami terima, ada uang yang sempat beredar itu sudah dikembalikan ke Gakkumdu. Kami harap ini tidak berhenti di RR saja, tapi siapa yang ada di belakang itu perlu diperhatikan," lanjutnya.

BACA JUGA:Pemilu di Wonosobo Tanpa Keterlibatan Tenaga Kesehatan, Ini Alasannya!

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran (Kordiv PP) Bawaslu, Ariantono membeberkan, sejauh ini, seluruh saksi inti sudah diperiksa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres