Kesalahan-kesalahan dalam Puasa Ramadhan yang Sering Dikerjakan Umat Islam

Kesalahan-kesalahan dalam Puasa Ramadhan yang Sering Dikerjakan Umat Islam

Kesalahan-kesalahan dalam Puasa Ramadhan yang Sering Dikerjakan Umat Islam--

MAGELANG EKSPRES-Sebagian umat Islam mengerjakan puasa di bulan Ramadhan tanpa dilandasi bekal ilmu yang cukup. Anehnya mereka tak mau belajar dengan berbagai alasan untuk menuntut ilmu.

Akibatnya sungguh fatal, tanpa bekal ilmu yang cukup sehingga orang tersebut asal-asalan dalam melakukan puasa Ramadhan.

Bahkan tak jarang menabrak syariah dengan melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak ada dalilnya, baik dalam Al Qur'an maupun hadits.

Bisa jadi mereka hanya ikut-ikutan atau hanya mengikuti orang-orang yang dianggap benar. Yang memprihatinkan mereka menganggap yang dilakukan itu sudah benar padahal tak pernah dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabat.

BACA JUGA:Padusan dan Nyadran, Amalan Jelang Ramadhan yang Tidak Diajarkan Rasulullah

Penulis mencoba merangkum beberapa kesalahan yang dilakukan di tengah-tengah umat Islam pada bulan Ramadhan. Diantara beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan umat Islam di bulan Ramadhan hingga sekarang adalah :

1. Mengkhususkan Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan

Amalan tersebut tidak tidak dituntunkan dalam Al Qur'an dan hadits. Dengan begitu Rasulullah dan para sahabat tak melakukannya.

Sungguh aneh kalau masih  ada yang meyakini bahwa menjelang bulan Ramadhan adalah waktu utama untuk menziarahi kubur orang tua atau kerabat, yang dikenal di masyarakat  dengan nama nyadran.

Rasulullah tidak melarang umatnya untuk berziarah ke kuburan orang tua atau kerabat. Namun tidak mengkhususkan saat menjelang puasa Ramadhan. Ini sungguh suatu kekeliruan karena tidak ada dasar dari syariat Islam yang menuntunkan hal ini.

BACA JUGA:Tidak Ada Amalan-amalan Khusus Menyambut Bulan Ramadhan, Sambutlah dengan Bergembira!

Boleh setiap saat melakukan ziarah kubur  untuk  mengingat kematian dan mendoakan orang yang mati. Namun tidak boleh mengkhususkan saat jelang bulan Ramadhan.

2. Padusan atau Mandi Besar Menyambut Ramadhan

Padusan atau mandi besar menyambut Ramadhan hingga kini masih diyakini sebagai amalan baik yang dilakukan dalam menyambut bulan Ramadhan. Ini sungguh kekeliruan nyata, yang hingga kini masih berkembang di tengah masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres