PKB Wonosobo Klaim Raih 10 Kursi di Pileg DPRD Kabupaten

PKB Wonosobo Klaim Raih 10 Kursi di Pileg DPRD Kabupaten

PKB. Wakil Ketua DPC PKB Wonosobo, Suwondo Yudistiro dalam suatu acara.-Mohammad Mukarom-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Penghitungan suara belum selesai, namun DPC PKB Wonosobo mengklaim telah mengunci jumlah kursi yang diperoleh pada Pemilu 2024.

Menurut partai tersebut, setidaknya ada 10 kursi diamankan. Hal ini berdasarkan laporan dan catatan internal yang sesuai dengan hasil rekapitulasi C1 Plano KPU.

Wakil Ketua DPC PKB Wonosobo, Suwondo Yudistiro mengatakan, jumlah perolehan suara dianggap bertahan seperti Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu. Yaitu, sebanyak 10 kursi.

BACA JUGA:Dari Dapil 9 Jateng, 4 Wajah Baru Bakal Rebut Kursi Dewan

"Alhamdulillah kita masih mendapat amanah untuk mengisi 10 kursi, bertahan seperti Pileg 2019. Ini perlu kita sampaikan untuk menjawab keresahan di tengah masyarakat yang banyak mengatakan jika kursi PKB mengalami penurunan. Dan kita jawab, itu tidak terjadi," tegasnya saat dikonfirmasi pada Senin, (26/2) melalui sambungan telepon.

Menurut Suwondo, perolehan suara DPC PKB di bursa Pileg Kabupaten justru mengalami lonjakan yang berarti. Suara yang diperolah sebanyak 112.000 suara.

Kenaikannya diperkirakan hingga 10.000 suara dibandingkan pemilu sebelumnya, yang hanya menelan 102.000 suara.

"Ini data yang kita hitung dari internal partai (versi PKB) dan sudah terekam 90 persen lebih. Sementara hasil Sirekap kita juga menunggu, tapi insyaallah sudah tidak ada perbedaan terlalu jauh," ujarnya.

Dari hasil perhitungan sementara, untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 1 PKB kunci 1 kursi, Dapil 2 sebanyak 1 kursi, Dapil 3 sebanyak 3 kursi. Lalu di Dapil 4 meraih 1 kursi, Dapil 5 meraih 2 kursi, dan Dapil 6 hanya 1 kursi. Totalnya ada 9 kursi.

BACA JUGA:Puluhan Simpatisan PKB Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Sementara 1 kursi sisanya masih belum dipastikan dapat diamankan, meski sebelumnya ia mengklaim akan peroleh sebanyak 10 kursi, pada Pileg DPRD Kabupaten tahun 2024. Alasannya, karena kompetisi begitu ketat.

"Tetapi (dengan perolehan sebesar itu) kami bertahan di 3 kursi di Dapil 3, padahal harapan kami sebetulnya bisa menyumbang empat kursi. Tetapi lagi-lagi karena berkompetisi dengan partai lain, setelah dibagi bilangan ke tujuh masih kalah," katanya.

Suwondo mengungkapkan, PKB berhasil mendapatkan suara terbanyak di Dapil 3 yang meliputi Kecamatan Mojotengah, Garung, dan Kejajar.

Jumlah perolehan dukungan mencapai 38.642 suara, naik signifikan dari Pileg sebelumnya yang hanya meraup sebanyak 32.000 suara saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres