Pertama Kali di Indonesia, Magelang Punya Pabrik Fasilitas Kendaraan Listrik Komersil

Pertama Kali di Indonesia, Magelang Punya Pabrik Fasilitas Kendaraan Listrik Komersil

Menhub RI Budi Karya Sumadi didampingi CEO Bakrie Brothers yang juga sekaligus CEO PT VKTR Sakti Industries, Anindya Bakrie usai groundbreaking pabrik fasilitas kendaraan umum komersil di PT Tri Sakti Tempuran Magelang-WIWID ARIF/MAGELANG EKSPRES-

Sementara itu, CEO Bakrie Brothers sekaligus CEO PT VKTR Sakti Industries, Anindya Bakrie mengatakan, ground breaking pembangunan pabrik fasilitas kendaraan listrik ini merupakan langkah berani pioner di Indonesia.

BACA JUGA:Tol Jogja-Bawen Rampung, Silancur Highland Dapat Ditempuh 2 Kali Lebih Cepat, Langsung Kebanjiran Wisatawan!

Menurutnya, gebrakan ini dalam rangka mendukung roadmap program percepatan kendaraan umum berbasis baterai atau listrik di Indonesia.

"Ini menjadi bukti kalau kita bersama pemerintah membangun industri hijau. Kita salah satu yang optimistis dengan kendaraan listrik ke depan mampu membawa masa depan bangsa lebih baik," kata Anin.

Dia menuturkan, awal mula dari perusahaan Bakrie Otoparts yang didirikan oleh Ayahnya, Aburizal Bakrie memang difokuskan guna membuat suku cadang atau otopart kendaraan komersil.

"Setelahnya ada gelombang baru kendaraan listrik yang kita anggap sangat potensial. Lalu kita ingin menjadi pelopor di sektor ini," imbuhnya.

BACA JUGA:Kemenag Kabupaten Bentuk 2 Kampung Moderasi Beragama

Dia mengungkapkan, sebelum pabrik ini didirikan, pihaknya sudah melakukan tes sebanyak 35 bus listrik dengan jarak tempuh hingga 5 juta kilometer.

Dari tes ini, pihaknya mengklaim telah menghemat sebanyak 4 ton emisi.

"Dari situ kita makin bersemangat untuk memproduksi kendaraan umum listrik. Di pabrik ini kapasitas produksi bisa mencapai 3.000 unit per tahun, tentu akan kita wujudkan secara bertahap," tuturnya.

BACA JUGA:Akhir Sannah Purwogondo Grabag Magelang Tumpah Ruah Dipadati Ribuan Jemaah Bersholawat

Melalui proyek ini, pihaknya juga ingin menciptakan lapangan kerja hijau. Termasuk melayani lebih banyak lagi kebutuhan kendaraan umum bertenaga listrik baik pemerintahan, BUMN, maupun swasta.

Turut hadir dalam ground breaking tersebut, Presiden Direktur PT Tri Sakti Widodo, Kepala Balai Pengelola Sarana Prasarana Perhubungan Wilayah IV Bekora Seputranto, Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur, dan segenap tamu undangan lainnya. (wid/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres