Pertama Kali di Indonesia, Magelang Punya Pabrik Fasilitas Kendaraan Listrik Komersil

Pertama Kali di Indonesia, Magelang Punya Pabrik Fasilitas Kendaraan Listrik Komersil

Menhub RI Budi Karya Sumadi didampingi CEO Bakrie Brothers yang juga sekaligus CEO PT VKTR Sakti Industries, Anindya Bakrie usai groundbreaking pabrik fasilitas kendaraan umum komersil di PT Tri Sakti Tempuran Magelang-WIWID ARIF/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Magelang mulai saat ini memiliki pabrik fasilitas kendaraan listrik komersil pertama di Indonesia yang diresmikan Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi di area pabrik karoseri PT Tri Sakti, Tempuran, Kabupaten Magelang, Selasa 27 Februari 2024.

Perusahaan pabrik fasilitas kendaraan komersil tersebut berada di bawah naungan PT VKTR Sakti Industries.

Budi Karya Sumadi memberi apresiasi terhadap PT VKTR Sakti Industries. Pasalnya, perusahaan yang berada di Magelang ini mampu membangun kendaraan komersil berbasis listrik ini.

BACA JUGA:Harga Wuling Cloud EV dan Spesifikasi Mobil Listrik Terbaru yang Mampu Tempuh 505 Km Sekali Charge

Menurutnya, hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah yang ingin terus menurunkan emisi gas buang.

"Tentu suatu kebanggaan, anak muda seperti pak Anindya (CEO Bakrie Brothers Anindya Bakrie yang juga sekaligus CEO PT VKTR Sakti Industries) yang sukses membangun pabrik ini. Kita memang fokus konversi energi, terutama pada sektor transportasi," kata Budi Karya.

Ia mengatakan, pemerintah saat ini terus mendukung pembangunan kendaraan umum bertenaga listrik.

BACA JUGA:Morris Garage Hadir di IIMS 2024, Janjikan Mobil Listrik dengan Garansi Baterai Seumur Hidup, Gratis!

Budi Karya juga berharap kendaraan umum listrik ke depan tidak hanya laris di pasar dalam negeri, tapi juga mampu diekspor ke luar negeri.

"Kami harap PT VKTR Sakti Industries ini bisa mengekspor kendaraan umum listrik ke negara-negara di ASEAN, seperti Thailand, Malaysia, dan Vietnam," jelasnya.

Untuk diketahui, dalam ground breaking fasilitas kendaraan listrik komersil pertama di Indonesia yang berlokasi di Tempuran, Magelang ini turut ditampilkan beberapa unit bus listrik.

BACA JUGA:Bakrie Jalin Kerja Sama Perakitan Bus Listrik Tri Sakti di Magelang

Termasuk bus bandara dan kerangka bus sekelas antar kota antar provinsi (AKAP).

Bus listrik ini menggunakan empat baterai berkapasitas 350 volt dengan jarak tempuh mencapai 250 kilometer dalam sekali pengisian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres