Akhir Sannah Purwogondo Grabag Magelang Tumpah Ruah Dipadati Ribuan Jemaah Bersholawat

Akhir Sannah Purwogondo Grabag Magelang Tumpah Ruah Dipadati Ribuan Jemaah Bersholawat

Kemeriahan Akhir Sannah Purwogondo Grabag Magelang yang dihadiri kyai-kyai ternama dan ribuan jemaah melantunkan sholawat-ISTIMEWA/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Masyarakat Dusun Purwogondo, Desa Sumurarum, Grabag, Kabupaten Magelang menggelar secara khidmat refleksi akhir Sannah, Sabtu 24 Februari 2024 malam lalu.

Akhir Sannah merupakan agenda tahunan warga Dusun Purwogondo setiap bulan Syaban atau Ruwah dalam kalender Jawa.

Pemrakarsa kegiatan Muh Sohib atau biasa akrab disapa Gus Soplo mengatakan, merayakan akhir Sannah, pihaknya turut menghadirkan grup sholawat Wetan Kali.

Ribuan jemaah tak hanya warga Purwogondo pun dengan khidmat bersholawat. Tak sedikit pula mereka yang mengikuti alunan syair sholawat sembari mengibarkan panji-panji pecinta sholawat.

BACA JUGA:Masjid Tertua di Magelang, Masjid Baitul Muttaqin Trasan Diarsiteki Para Wali Kerajaan Demak

Berbagai komunitas di Magelang Sholawat, antara lain Pecinta Nabi, Mafia Sholawat, Syeker Mania, Gandrung Nabi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Gus Soplo menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan di bulan Syaban atau Ruwah. Selain bersholawat, warga juga berdoa kepada leluhur yang sudah meninggal.

"Kita berdoa para arwah atau leluhur kita yang sudah meninggal, sekaligus kita melaksanakan sholawatan ini untuk meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Kita juga berharap barokah nisfu Syaban," jelasnya.

BACA JUGA:5 Tips Ikut Sholawatan Agar Nyaman dan Aman!

Sholawatan yang berlangsung sejak pukul 19.00 WIB tersebut semakin bermakna, meski para jemaah yang hadir dari berbagai kalangan karena tujuan mereka sama yaitu tabarrukan kepada Sang Pemberi Syafaat.

Acara semakin meriah karena diisi pula mauidoh khasanah yang segar oleh Habib Muhsin Al Attas.

Turut hadir memeriahkan kyai muda yang sedang viral di media sosial yakni KH M Abdurrahman Al Kautsar atau Gus Kautsar.

Selain itu juga dihadiri KH M Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf, Gus Muid dari Lirboyo, Gus Fahim Royani dari Ploso, serta beberapa Kyai sepuh lainya.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 8 Manfaat Puasa Ramadhan 2024 Bagi Kesehatan Tubuh Menurut Kemenkes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres