Pasar Tani di Purworejo Perkuat Rantai Pasok Lokal, Bupati Minta Sinergitas Sektor Pertanian Ditingkatkan

Pasar Tani di Purworejo Perkuat Rantai Pasok Lokal, Bupati Minta Sinergitas Sektor Pertanian Ditingkatkan

PASAR TANI. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Purworejo menggelar Pasar Tani di halaman Kantor setempat.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Purworejo menggelar Pasar Tani di halaman Kantor setempat pada Selasa (27/2).

Selain untuk mengisi rangkaian Hari Jadi ke-193 Kabupaten Purworejo, Pasar Tani kali ini menjadi upaya untuk memperkuat rantai pasok lokal, memberdayakan petani-petani, dan memudahkan akses masyarakat membeli produk pertanian berkualitas.

Pasar tani secara simbolis dibuka oleh Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH, dihadiri antara lain Pj Sekda Purworejo Drs Achmad Kurniawan Kadir MPA, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Bambang Susilo, Asisten Administrasi Umum drg Nancy Megawati Hadisusilo MM, Kepala DKPP Hadi Sadsila SP MM, Kepala Dinkukmp Gatot Suprapto SH, dan Kabag Prokopim Ulik Sri Widiatmi SSos MAP.

BACA JUGA:Pengetan Jumenengan Ajak Generasi Muda Pahami Sejarah, Dua Sendratari Tersaji dalam Suasana Sakral

Dalam kesempatan itu, Bupati bersama rombongan meninjau dan membeli sejumlah produk olahan pertanian.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi adanya pasar tani. Menurutnya pemerintah daerah dan petani terus memperkuat sinergitas untuk peningkatan kualitas dan kuantitas produksi pertanian, agar sektor pertanian menjadi kuat dan tangguh.

"Pasar tani bukan sekadar untuk bertransaksi, tetapi menjadi pusat aktivitas ekonomi dan sosial. Melalui pasar tani ini, kita dapat memperkuat rantai pasok lokal, memberdayakan petani-petani dan memudahkan akses masyarakat membeli produk pertanian berkualitas," katanya.

Bupati juga menekankan pentingnya keberlanjutan dalam praktik pertanian.

Perlu untuk mengadopsi praktik pertanian yang ramah lingkungan, berkelanjutan, dan inovatif agar dapat menjaga kelestarian sumber daya alam serta meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian.

Pihaknya berharap adanya event pasar tani dapat menjadi opsi pada jalur pemasaran produk pertanian lebih ringkas.

BACA JUGA:Pemuda Asal Purworejo Simpan 150 Butir Obat Terlarang

"Sehingga secara langsung maupun tidak langsung akan membangun dan  menggerakkan ekonomi masyarakat, khususnya bagi petani," tandasnya.

Kepala DKPP, Hadi Sadsila SP, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pasar tani telah menjadi agenda tahunan, selain juga untuk menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Purworejo. Salah satu tujuannya adalah untuk mewadahi petani dalam memasarkan produk pertaniannya.

"Dari sekian banyak stan, yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat adalah stan beras murah, karena beras yang kami jual 5 kg dapat dibeli dengan harga Rp55 ribu," jelasnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres