Berapa Biaya yang Diperlukan Untuk Perawatan Motor Secara Rutin? Ini Dia Jawabannya, Yuk Simak!

Berapa Biaya yang Diperlukan Untuk Perawatan Motor Secara Rutin? Ini Dia Jawabannya, Yuk Simak!

Ilustrasi perawatan rutin sepeda motor, seperti penggantian cvt belt dan juga pembersihan komponen pada sepeda motor -Planet Ban-screenshot youtube

MAGELANGEKSPRES — Perawatan motor secara rutin perlu diperlukan untuk menjadi kondisi motor tetap optimal ketika digunakan.

Tetapi pernahkah Anda memperkirakan berapa biaya perawatan rutin yang perlu dibayarkan agar motor tetap dalam kondisi optimal?

Biasanya biaya perawatan rutin sepeda motor berbeda-beda tergantung dengan jenis motor, berbeda lagi jika terdapat kerusakan yang cukup parah.

BACA JUGA:Tips Merawat Motor Matic Agar Motor Matic Anda Selalu Dalam Kondisi Yang Optimal

Biasanya rentang perawatan rutin sebuah sepeda motor dalam rentang Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu.

Lebih detailnya simak pembahasan berikut untuk mengetahui jawaban dari berapa rata-rata biaya perawatan sebuah motor.

1. Untuk service lengkap atau tune-up biasanya dalam rentang harga Rp 75-100 ribu tergantung jenis motornya, apakah motor matic, motor sports atau motor bebek.

Servis tune-up ini biasanya sudah termasuk ganti oli, jasa ganti oli, dan pembersihan sumbatan-sumbatan dan juga pelumasan.

BACA JUGA:Musim Hujan Telah Tiba! 10 Tips Ini bisa Membantu Agar Sepeda Motormu Tetap Awet

Tune-up bisa dilakukan ketika motor menempuh 3.000 km dengan rentang waktu setiap 3 bulan sekali.

2. Ganti oli mesin mulai dari Rp 40 ribu dengan jenis oli yang paling murah, harga tersebut sudah termasuk jasa penggantian oli mesin. 

Untuk penggantian oli bisa dilakukan setiap 2.000 sampai 3.000 km atau bisa juga tiap 2 bulan sekali.

Tetapi jika kondisi motor Anda sudah cukup tua dan rentan rusak yang mana menghasilkan suara yang tidak mengenakkan di bagian mesin, bisa mengganti oli mesin tiap satu bulan sekali.

3. Oli gardan, dengan harga mulai Rp 15 ribu sudah termasuk biaya penggantian, pemakaian oli gardan ini lebih lama dari oli mesin dimana bisa sampai jarak tempuh 40.000 km atau sekitar 2 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: