Biografi Singkat 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga yang Patut Kita Teladani

Biografi Singkat 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga yang Patut Kita Teladani

Biografi Singkat 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga yang Patut Kita Teladani--

Kepemimpinan Umar bin Khattab setelah wafatnya Abu Bakar sangat dikenal bahkan membuat Islam tersebar hingga sepertiga dari penduduk dunia.

3. Utsman bin Affan

Utsman bin Affan termasuk golongan assabiqunal awwalun, yakni golongan orang-orang pertama yang memeluk agama Islam setelah Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Utsman dikenal sebagai saudagar kaya raya di tanah Mekkah.

Meskipun memiliki kekayaan yang berlimpah, beliau memiliki sifat-sifat yang patut diteladani yakni dermawan, sopan dan selalu bertutur kata lemah lembut, juga selalu menggunakan hartanya yang melimpah untuk bersedekah, infaq dan berzakat.

Utsman bin Affan juga dikenal sebagai pemimpin dengan tingkat kepedulian sosial yang sangat tinggi.

Salah satu contohnya adalah beliau mewakafkan sebuah sumur yang bisa digunakan oleh masyarakat pada saat musim kemarau tiba.

Beliau pun menjadi khalifah menggantikan posisi Umar bin Khattab. Di masa kepemimpinannya, ada banyak kemajuan di bidang infrastruktur dan perkembangan Islam lainnya seperti membangun angkatan laut khusus orang-orang Islam pertama.

4. Ali bin Abi Thalib

Setelah istri Rasulullah Shalallahu 'alaih wasallam,  Khadijah, Ali bin Abi Thalib adalah orang kedua yang  memeluk agama Islam.

Tak heran, Allah pun menjanjikan surga tanpa hisab bagi Ali bin Abi Thalib. Kesetiaan Ali terhadap agama Islam pun sudah dipupuk sejak kanak-kanak.

Ali belajar langsung dari Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam mengenai agama Islam.

Ali bin Abi Thalib tidak pernah sekalipun absen dalam medan perang untuk membela agama yang beliau yakini yaitu Islam. Bahkan, Ali pernah mengambil peran untuk menggantikan Rasulullah ketika kaum Quraisy mengincarnya.

Tiga hari kemudian Ali pun berangkat seorang diri menyusul Nabi yang sudah hijrah terlebih dahulu ke Madinah.

Ali bin Abi Thalib pun menjadi khalifah menggantikan Utsman bin Affan selang beberapa tahun setelah beliau wafat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: