Biografi Singkat 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga yang Patut Kita Teladani

Biografi Singkat 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga yang Patut Kita Teladani

Biografi Singkat 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga yang Patut Kita Teladani--

Bersama istrinya yakni Fathimah bin Khatab, yakni adik dari Umar bin Khatab, Sa’id bin Zaid memeluk agama Islam dan setia membela agamanya hingga akhir hayat. Sa’id selalu turun ke medan perang manapun yang diikuti oleh Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam kecuali perang Badar.

Di awal keimanannya kepada Allah Ta'ala, Sa’id banyak mendapat tekanan dan siksaan dari kaumnya sendiri, termasuk Umar bin Khatab yang saat itu belum memeluk agama Islam. Umar pernah memukulnya hingga darah segar mengalir di wajah Sa’id bin Zaid.

Beliau ikut menaklukan negeri Syam, yang dikenal dengan negara Suriah dan sekitarnya. Beliau wafat setelah para sahabat Nabi yang lainnya meninggal dunia terlebih dahulu.

10. Abu Ubaidah bin Jarrah

Abu Ubaidah bin Jarrah adalah sosok yang dikenal sebagai pemimpin para pemimpin atau Amirul Umara.

Abu Ubaidah bin Jarrah masuk Islam melalui perantara dari Abu Bakar As-Shiddiq. Beliau memeluk Islam di awal-awal keislaman sebelum Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam masuk ke Darul Arqam.

Beliau merupakan sosok yang aktif terjun ke medan perang bersama Nabi Muhammad. Dalam perang Badar, tercatat Abu Ubaidah membunuh ayahnya sendiri. Ayahnya merupakan orang kafir yang sangat menentang Islam.

Saat perang Uhud, Abu Ubaidah melindungi Rasulullah dari serangan musuh. Beliau sampai kehilangan dua giginya ketika itu.

Meskipun banyak sekali hal berat yang terjadi selama perang, Abu Ubaidah tidak pernah menyerah untuk terus ikut berperang di jalan Allah Ta'ala.

Bahkan di kepemimpinan khalifah Abu Bakar, Abu Ubaidah ditunjuk sebagai panglima perang yang maju melawan kekaisaran Romawi.

Semoga biografi singkat 10 sahabat yang dijamin masuk surga di atas bisa menjadi teladan bagi kita semua. Sebab, surga adalah tujuan akhir yang ingin kita capai setelah selesai menunaikan tugasnya di muka bumi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: