Biografi Singkat 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga yang Patut Kita Teladani

Biografi Singkat 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga yang Patut Kita Teladani

Biografi Singkat 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga yang Patut Kita Teladani--

MAGELANG EKSPRES-Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam mempunyai banyak sahabat yang senantiasa membantu berjuang menyebarkan Islam.

Namun derajad perjuangan mereka tentu berbeda, sesuai dengan kondisi dan kemampuan mereka.

Diantara para sahabat itu, ada 10 orang yang mempunyai derajad yang tinggi sehingga dijamin masuk surga. Kesepuluh sahabat itu adalah 4 orang yang mendapat gelar  Khulafaur Rasyidin, yakni  Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Al-Khaththab, Utsman bin ‘Affan dan‘Ali bin Abi Thalib.

Kemudian sahabat lain yakni Thalhah bin ‘Ubaidillah, Az-Zubair bin Al-‘Awwam, bdurrahman bin ‘Auf, Sa’ad bin Abi Waqqash, Sa’id bin Zaid dan Abu ‘Ubaidah bin Al-Jarrah.

Tentu mereka layak mendapat jaminan masuk surga karena peranya yang sangat besar dalam membantu Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam dalam menegakkan ajaran Islam.

Keutamaan dan kebaikan mereka selalu disebut-sebut. Mereka adalah sebaik-baik manusia di muka bumi sepeninggal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Allah rida kepada mereka karena nabi-Nya. Allah menjadikan mereka penolong untuk agama ini. Mereka adalah para imam dalam agama ini.

Mereka yang paling berilmu di antara kaum muslimin. Semoga Allah meridai mereka semuanya.

Dalam hadits yang diriwayatkan Sa’id bin Zaid radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَشَرَةٌ فِى الْجَنَّةِ أَبُو بَكْرٍ فِى الْجَنَّةِ وَعُمَرُ فِى الْجَنَّةِ وَعُثْمَانُ وَعَلِىٌّ وَالزُّبَيْرُ وَطَلْحَةُ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ وَأَبُو عُبَيْدَةَ وَسَعْدُ بْنُ أَبِى وَقَّاصٍ

“Ada sepuluh orang yang dijamin masuk surga: Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman, ‘Ali, Az-Zubair, Thalhah, ‘Abdurrahman (bin ‘Auf), Abu Ubaidah (bin Al-Jarrah), dan Sa’ad (bin Abi Waqqash).”

قَالَ فَعَدَّ هَؤُلاَءِ التِّسْعَةَ وَسَكَتَ عَنِ الْعَاشِرِ فَقَالَ الْقَوْمُ نَنْشُدُكَ اللَّهَ يَا أَبَا الأَعْوَرِ مَنِ الْعَاشِرُ قَالَ نَشَدْتُمُونِى بِاللَّهِ أَبُو الأَعْوَرِ فِى الْجَنَّةِ. قَالَ أَبُو عِيسَى أَبُو الأَعْوَرِ هُوَ سَعِيدُ بْنُ زَيْدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ نُفَيْلٍ. وَسَمِعْتُ مُحَمَّدًا يَقُولُ هُوَ أَصَحُّ مِنَ الْحَدِيثِ الأَوَّلِ.

Anak Sa’id berkata, “Kalau dihitung mereka tadi ada sembilan, lantas tidak disebutkan yang kesepuluh.” Orang-orang berkata, “Kami berdoa kepada Allah, wahai Abul A’war siapakah yang termasuk yang kesepuluh.” Sa’id (bin Zaid) berkata, “Kalian mohon berdoa kepada Allah untukku semoga termasuk yang kesepuluh tersebut yang berada di surga.” Abu ‘Isa berkata, “Abul A’war itu adalah Sa’id bin Zaid bin ‘Amr bin Nufail.

Aku mendengar Muhammad sedang berkata bahwa hadits ini lebih sahih dari hadits pertama.” (HR. Tirmidzi, no. 3748. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini sahih).

Dalam hadist lain, yang diriwayatkan ‘Abdurrahman bin ‘Auf radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَبُو بَكْرٍ فِى الْجَنَّةِ وَعُمَرُ فِى الْجَنَّةِ وَعُثْمَانُ فِى الْجَنَّةِ وَعَلِىٌّ فِى الْجَنَّةِ وَطَلْحَةُ فِى الْجَنَّةِ وَالزُّبَيْرُ فِى الْجَنَّةِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ فِى الْجَنَّةِ وَسَعْدٌ فِى الْجَنَّةِ وَسَعِيدٌ فِى الْجَنَّةِ وَأَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ فِى الْجَنَّةِ

“Abu Bakar di surga, ‘Umar di surga, ‘Utsman di surga, ‘Ali di surga, Thalhah di surga, Az-Zubair di surga, ‘Abdurrahman bin ‘Auf di surga, Sa’ad (bin Abi Waqqash) di surga, Sa’id (bin Zaid) di surga, Abu ‘Ubaidah bin Al-Jarrah di surga.” (HR. Tirmidzi, no. 3747 dan Ahmad, 1:193. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini sahih).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: