Petani Temanggung Berharap Harga Kopi Bertahan Tinggi, Jelang Panen Raya Kopi 2024

Petani Temanggung Berharap Harga Kopi Bertahan Tinggi, Jelang Panen Raya Kopi 2024

PETIK. Seorang petani sedang memetik kopi saat panen raya kopi 2023 lalu.-Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES-Menjelang panen raya kopi 2024, petani kopi di Kabupaten Temanggung berharap harga jual kopi masih tetap tinggi seperti saat ini, jangan sampai saat memasuki panen Raya harga jual kopi terjun bebas.

Waldiyono (53) salah satu petani kopi di Kecamatan Gemawang menuturkan, kurang lebih dalam kurun waktu satu dua bulan kedepan kopi sudah mulai memasuki panen raya, panen raya biasanya akan dimulai bulan Juni hingga Agustus.

"Biasanya panen raya bisa dua bulan, kopi tidak bisa sekali petik, paling tidak bisa sampai 5 sampai 6 kali petik,dengan catatan petik merah," terangnya Kamis 18 April 2024.

BACA JUGA:Posong Jadi Destinasi Favorit Wisatawan di Temanggung, Dikunjungi 13 Ribu Orang Selama Lebaran

Menurutnya, dari pengalaman panen raya sebelumnya, saat petani kopi mulai panen raya harga jual kopi turun,, namun kondisi tersebut tidak akan terjadi di panen raya tahun ini.

Saat ini lanjut, harga jual kopi kering (oce) untuk kopi robusta antara Rp63.000 sampai dengan Rp79.000 per kilogram, tergantung dari proses paska panen dan kualitas dari kopi tersebut.

"Saat ini untuk kopi asalan sudah mencapai Rp64.000, sedangkan untuk G 1 Rp73.000 dan untuk kopi petik merah sudah Rp80.000 perkilogram,"jelasnya.

Ia berharap, harga jual kopi saat memasuki panen mendatang bisa stabil seperti saat ini, sehingga petani bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dari hasil panen raya kopi tahun ini.

BACA JUGA:Hilang 4 Hari, Kakek Mardiyono Asal Temanggung Ditemukan Tak Bernyawa

"Minimal bisa sama dengan harga saat ini, kopi menjadi harapan bagi petani,manakala panen raya berhasil,, maka perekonomian akan semakin meningkat,"harapnya.

Senada juga disampaikan Heru Prayitno (56), menurutnya, panen raya kopi untuk Arabika kemungkinan akan mulai bulan Mei sampai dengan akhir panen raya pada bulan Juli.

"Semoga saja tidak ada permainan harga dari tengkulak dan pelaku lainnya," harapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan,Pertanian dan Perikanan Kabupaten Temanggung Eko Budi Nuryanto mengatakan, harga jual kopi tahun ini menjadi harga jual tertinggi sepanjang sejarah.

BACA JUGA:Kunjungi Temanggung, Dico Nyatakan Siap Nyagub

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres