Puluhan Pesepeda Magelang Tanam Pohon Peringati Hari Bumi Nasional

Puluhan Pesepeda Magelang Tanam Pohon Peringati Hari Bumi Nasional

TANAM POHON. Acara menanam pohon di Hari Bumi Nasional-Hendri Saputra-Magelang Ekspres

MAGELANG,MAGELANGEKSPRES- Hari Bumi Nasional jatuh pada tanggal 22 April 2024. Puluhan pesepeda berkumpul di Tugu Aniem Kota Magelang untuk bersepeda bersama dan menanam pohon dalam rangka Halal Bike Halal sekaligus memperingati Hari Bumi.

Acara diikuti oleh puluhan pesepeda dari berbagai komunitas sepeda seperti Federal Magelang, Magelang Female Cyclist, sepeda lipat dan pesepeda non komunitas dan bertema “yo salam salaman yo nandur wit wit an”.

Yoga selaku koordinator acara dari Komunitas B2W Magelang mengatakan, acara ini masih merupakan momentum Hari Raya Idul Fitri, dengan mempererat silaturahmi antar pesepeda sekaligus membangun kepedulian terhadap bumi tempat tinggal kita.

BACA JUGA:Hati-Hati, Jangan Asal Terabas Genangan Air di Jalan Kota Magelang ada Aturan Hukumnya

“Penggunaan ranmor pribadi berbahan bakar fosil secara masif menimbulkan polusi udara yang merusak lingkungan menjadi penyebab bencana iklim,” terang Yoga.

“Kita harus berupaya untuk memperbaikinya, salah satunya dengan kampanyekan bersepeda sebagai moda transportasi bebas polusi serta menanam pohon sebagai sumber oksigen,” imbuhnya.

Acara diawali dengan bersalam-salaman dan berbagi kue lebaran, dilanjutkan dengan bersepeda untuk menanam pohon di kawasan Kebun Raya Gunung Tidar.

Kegiatan bersepeda ini memiliki rute yang dilintasi adalah mengelilingi Alun-Alun Magelang dan menyusuri jalur sepeda Jalan Pemuda-Jalan Sudirman dan finish di Kebun Raya Gunung Tidar.

Pada acara ini pesepeda diminta membawa kue lebaran dan tumbler dari rumah dengan tujuan mengurangi sampah kemasan sekaligus untuk membangkitkan suasana lebaran di antara pesepeda.

BACA JUGA:Korban Kecelakaan Roller Coaster TKL Ecopark Ditawari Rp 300 Ribu Tapi Tanda Tangan Perjanjian

Yassir, salah satu peserta yang merupakan mahasiswa Untidar menyambut baik acara semacam ini.

“Menjaga kelestarian bumi adalah tanggung jawab kita bersama sehingga kita harus peduli,” terang Yassir.

Yassir sudah beberapa kali mengikuti acara bersepeda yang dikemas dengan kegiatan sosial yang diadakan oleh Magelang BIKE.

Dirinya berharap bahwa akan lebih banyak warga yang peduli dan turut serta dalam kegiatan serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres