Elit PKB dan PDIP Jateng Bakal Bertemu Wacanakan Koalisi Usung Tokoh Pilgub

Elit PKB dan PDIP Jateng Bakal Bertemu Wacanakan Koalisi Usung Tokoh Pilgub

Ketua DPW PKB Jawa Tengah Gus Yusuf dan Ketua PSSI Aksot Kota Magelang Joko Budiyono saat memimpin diskusi sepakbola Magelang dan nobar Timnas U23 vs Uzbekistan di Gedung Tri Bakti Kota Magelang.jpg-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Pada perhelatan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, sejumlah elit partai politik mulai melakukan konsolidasi. Salah satunya, PKB yang diwacanakan bakal berkolaborasi dengan PDI Perjuangan, mengusung kandidat orang nomor satu di Jateng itu.

Terkait adanya pertemuan antara elit PKB dan PDI Perjuangan, Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH Muhammad Yusuf Chudlori mengatakan, PKB telah menerima undangan pertemuan elit partai politik, yang akan dilangsungkan pada Rabu, 1 Mei 2024 besok.

"Kemarin kita bertemu dengan Partai Demokrat. Besok Rabu, kita akna bertemu dengan beberapa partai yang diinisiasi PDI Perjuangan," kata Gus Yusuf, sapaan akrab KH Muhammad Yusuf Chudlori di Magelang, Selasa, 30 April 2024.

BACA JUGA:Potensi Koalisi Gerindra dan Demokrat Makin Besar Usung Calon Ini di Pilgub Jateng

Lebih jauh, Gus Yusuf menuturkan bahwa pertemuan itu sebenarnya lebih kepada silaturahmi halal bihalal.

"PKB Insya Allah hadir untuk melakukan silaturahmi ini," tutur Gus Yusuf yang juga pengasuh Ponpes Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, itu. 

Dia menjelaskan, soal kontestasi politik Pilgub Jateng, November 2024 nanti, PKB memang tidak memenuhi kuota ambang batas minimal mengusung calonnya secara mandiri.

Oleh karena itu, PKB harus menjalin koalisi dengan partai lainnya. Sayangnya, Gus Yusuf masih bergeming dan irit bicara ketika ditanya bakal berkoalisi dengan partai mana saja.

“Ada lah, nanti saja itu. Kita tidak ingin mendahului DPP PKB. Oni kan komunikasinya tentu tidak cuma DPW, tapi juga DPP. Apalagi Pilgub ini domainnya adalah DPP," jelasnya.

BACA JUGA:Irjen Pol Ahmad Luthfi dapat Dukungan dari Pengusaha Muda Magelang Maju Pilgub Jateng

Termasuk soal kandidat yang kemungkinan akan diusung PKB pada Pilgub Jateng nanti, Gus Yusuf mengaku masih menunggu arahan dari DPP PKB.

“Jadi kita tunggu saja. Nanti siapa (calon gubernur dan wakil gubernur) yang akan direkomendasi,” tegasnya.

Gus Yusuf menambahkan PKB sudah membuka pendaftaran penjaringan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) untuk kabupaten/kota.

Pihaknya mempersilakan siapa saja dari berbagai kalangan jika ingin mendaftar sebagai calon bupati/wali kota, wakil bupati maupun wakil wali kota bisa mendaftar di DPC PKB masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres