Diseminasi Mineral Blok, Kementan Jalin Kerjasama dengan BRIN

Diseminasi Mineral Blok, Kementan Jalin Kerjasama dengan BRIN

Diseminasi Mineral Blok, Kementan Jalin Kerjasama dengan BRIN-Polbangtan Yoma-MAGELANG EKSPRES

“Satu kilo mineral blok ini bisa digunakan untuk 3-4 bulan per ekor. Selain murah, mineral blok ini bisa mengatasi kekurangan mineral, serta meningkatkan pertambahan berat badan.” papar Gunawan.

BACA JUGA:Menuju Indonesia Bebas PMK, Polbangtan Kementan Galakkan Vaksinasi

Ia menyebutkan adanya penambahan bobot sapi setelah menggunakan mineral blok ini. Tak tanggung – tanggung, 1 ekor sapi bisa bertambah bobotnya seberat 3 kilo. Pasalnya, kandungan mineral blok ini bisa meningkatkan nafsu makan.

“Adanya fortifikasi alga dan herbal membuat rumen nyaman, selain itu juga bisa digunakan sebagai obat cacing,” tambahnya.

Tak hanya untuk meningkatkan kualitas daging dan susu, namun juga bisa menjadi panduan pembuatan mineral blok oleh mahasiswa. 

“Mahasiswa bisa belajar cara membuat, belajar tentang formulasinya, dan bagaimana cara komersialisasi, jangan sampai hanya penelitian namun juga bagaimana cara memproduksi masal dan menjualnya,” imbuh Gunawan.

BACA JUGA:Siapkan SDM Profesional, Kementan Terjunkan Mahasiswa Polbangtan Ke DUDIKA

Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YOMA), Bambang Sudarmanto menyambut antusias mineral blok ini sebagai inovasi pakan ternak yang aplikatif.

“Dengan kolaborasi BRIN dan Polbangtan YOMA ini memungkinkan adanya kolaborasi antar akademisi dan peneliti. Tujuannya, membekali mahasiswa dengan inovasi dan teknologi terkini,” pungkas Bambang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres