Ratusan Bencana Alam Terjadi di Wonosobo, BPBD Sosialisasikan KIE Rawan ke Masyarakat

Ratusan Bencana Alam Terjadi di Wonosobo, BPBD Sosialisasikan KIE Rawan ke Masyarakat

SOSIALISASI. BPBD gelar sosialisasi KIE Rawan Bencana di GOR Wadaslintang, Wonosobo.-Istimewa-Magelang Ekspres

Sosialisasi KIE Rawan itu dihadiri dan diawali langsung oleh Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar. Dalam sambutanya ia tegaskan perlunya sinergitas antar pihak. Tidak hanya saat tanggap darurat saja, juga mitigasi dan kesiapsiagaan tahap pra dan pasca bencana.

"Komunikasi dan sinergitas diperlukan dalam menghadapi situasi seperti ini. tidak hanya Wadaslintang, pelatihan seperti ini pun sangatlah penting untuk seluruh bagian wilayah Kabupaten Wonosobo," jelasnya.

BACA JUGA:BPBD Sebut Wonosobo Berstatus Darurat Bencana Alam

Harapannya, keluaran dari kegiatan ini dapat menyatukan kekuatan semua pihak termasuk masyarakat, berbekal pengetahuan kebencanaan yang memadai, khususnya dalam menyusun rencana penanggulangan bencana. Albar menyebutnya good disaster management plan.

"Output kegiatannya bisa memupuk pengetahuan bersama, pastinya dalam menyusun rencana penaggulangan baik melalui pengaktifan pos-pos siaga bencana beserta segenap unsur pendukungnya, pelatihan siaga teknis bagi setiap sektor, serta penyiapan sarana lainnya," terang Albar.

Bagi Albar, acara itu selain untuk meningkatkan kapasitas semata, juga diharapkan memberikan dampak lebih besar lagi bagi masyarakat. Konsentrasi mewujudkan ketangguhan desa/kelurahan dalam menghadapi bencana. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres