Wisata Cangkring Park Pucungroto Purworejo Tawarkan Eksotisme Hutan Pinus

Wisata Cangkring Park Pucungroto Purworejo Tawarkan Eksotisme Hutan Pinus

WISATA UNGGULAN. Kawasan Wisata Cangkring Park menjadi destinasi wisata unggulan di Desa Pucungroto Kecatan Kaligesing Kabupaten Purworejo-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJOMAGELANGEKSPRES - Kawasan Wisata Cangkring Park menjadi destinasi wisata unggulan di Desa Pucungroto Kecatan Kaligesing Kabupaten Purworejo.

Berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, Cangkring Park merupakan kawasan wisata berupa area hutan pinus yang dilengkapi dengan sirkuit gastrack, aula pertemuan, camping ground, ATV dan Mini Trail.

Fasilitas yang ada di Cangkring Park, meliputi toilet, kamar mandi, mushola, aula, parkir dan listrik. Dengan harga tanda masuk Rp5 ribu, di dalamnya sudah termasuk parkir dan asuransi, pengunjung bisa menikmati fasilitas yang ada.

BACA JUGA:Wisata Pantai Jatimalang di Purworejo, Daya Tarik Pasir Hitamnya hingga Patung Dewa Ruci!

Dengan keunggulan wisata alamnya ini, Desa Pucungroto menjadi salah satu dari 10 desa wisata yang menjalani Uji Paket Wisata Tahun 2024 yang diinisiasi Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo.

Uji paket wisata di Desa Pucungroto dilakukan pada Selasa (4/6), diikuti biro wisata, UMKM, akademisi, desa wisata, GenPi, wartawan dan dari Dinporapar Kabupaten Purworejo.

Mus Muhlisin, Ketua Pengelola Wisata Alam Cangkring Park, menyebut bahwa pengelolaan wisata ini berkonsep pemberdayaan masyarakat.

Semua unsur masyarakat dilibatkan, seperti UMKM ataupun BUMDes serta karang taruna.

"Ada dua paket yang kami tawarkan di Cangkring Park ini, yang kami fokuskan untuk wisata edukasi,” jelas Mus.

BACA JUGA:Miliki Air Terjun! Taman Sidandang Purworejo Jadi Tempat Wisata Asik di Kaligesing

Untuk paket 1, dengan kegiatan meliputi wisata Cangkring, edukasi produksi Blibar, edukasi geblek dan gembel, edukasi produksi gula aren serta pengenalan kesenian Jathilan dengan fasilitas makan 1 kali, Snack 2 kali, transportasi dan guide, dipatok harga Rp187 ribu/pack, minimal 20 pack. Jika lebih dari 25 pack, ada diskon 5 persen.

Untuk paket 2, kegiatannya meliputi wisata Cangkring, edukasi klethik Jawa, edukasi produksi Blibar, edukasi produksi geblek dan gembel, edukasi produksi gula aren, edukasi produksi kopi, edukasi peternakan kambing, edukasi kesenian Jathilan Pongjor, topeng ireng, Jathilan encleng.

“Fasilitas paket 2 ini, homestay, makan 3 kali, Snack 3 kali, transportasi dan guide. Untuk harganya Rp 350 ribu/pack, minimal 30 paket,” sebutnya.

Adanya paket-paket wisata di Cangkring Park tersebut, kata Mus, dimulai sejak 2022 lalu. Sudah ada beberapa pengunjung atau wisatawan yang memilih paket-paket wisata tersebut, di antaranya dari komunitas Jeep dan paguyuban kepala desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres