Suka Cita Wasana Warsa Kelas IX SMPN 2 Magelang Angkatan 71 Lulus 100 Persen

Suka Cita Wasana Warsa Kelas IX SMPN 2 Magelang Angkatan 71 Lulus 100 Persen

PENGALUNGAN SAMUR. Kepala sekolah SMPN 2 Magelang, Fatin Mahdalina melepas salah satu siswanya di acara Wasana Warsa, Senin (10/6).-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Lulus 100 persen siswa-siswi SMP Negeri 2 Magelang mengikuti acara Warsana Warsa, Senin (10/6) lalu di lapangan sekolah. Acara tersebut menjadi berkesan bagi kelas IX karena menjadi terakhir dibangku SMP.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Ketua dan Anggota Komite SMPN 2 Magelang, pengurus POM (Paguyuban Orangtua Murid), orangtua dan wali murid kelas IX, dewan guru, seluruh siswa-siswi kelas IX dan beberapa tim anggota OSIS SMPN 2 Magelang.

Penyelenggaraan acara Wasana Warsa siswa-siswi kelas IX ini bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi orangtua dengan guru, komite sekolah dan juga POM. Memberikan informasi dan penguatan kepada orang tua terkait pola asuh anak, sekaligus sebagai ajang sekolah untuk menunjukkan potensi siswa-siswi yang dimiliki dalam bidang seni baik menyanyi, menari, membaca puisi bahkan bermain alat musik.

BACA JUGA:SMPN 2 Magelang Kenalkan Sekolah Sehat di Festival Merdeka Belajar

Susunan kegiatan acara wasana warsa diawali dengan hiburan pra acara yaitu penampilan solo vokal dan akustik dari beberapa siswa berbakat di kelas VII dan VIII. Setelah itu, acara dibuka oleh tiga siswa-siswi pilihan di SMPN 2 Magelang yang bertugas menjadi pembawa acara yang secara apik dan lugas mengantarkan acara hingga selesai dengan menggunakan tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa Jawa dan Bahasa Inggris.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars SMPN 2 Magelang. Berikutnya sambutan-sambutan, baik dari Kepala SMPN 2 Magelang, Ketua Komite SMPN 2 Magelang dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang. Secara simbolis, Ketua Komite SMPN 2 Magelang juga menyerahkan kembali putra-putri yang telah berhasil menempuh pendidikan selama tiga tahun, kepada orang tua atau wali murid.

Acara semakin meriah ketika beberapa siswa pilihan dari kelas VII dan VIII turut meramaikan acara wasana warsa. Di antaranya ada penampilan tari Sintren, solo vocal dan juga penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan kelas VII dan VIII maupun kelas IX.

Rasa haru bercampur bahagiapun tak terbendung ketika Kepala SMPN 2 Magelang, Fatin Mahdalina mengumumkan bahwa sejumlah 101 siswa putra dan 118 siswa putri dari kelas IX A hingga IX G dinyatakan lulus 100%.

BACA JUGA:SMPN 2 Wakili Kota Magelang Mengikuti Penilaian Lomba PIK Remaja Tingkat Nasional

Pada akhir acara Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Haryati juga mengumumkan nama-nama siswa berprestasi yang berhasil mendapatkan nilai ijazah tertinggi yaitu atas nama Syafa Zhakira dari kelas IX F berhasil meraih peringkat I dengan jumlah nilai 1037.57 dan nilai rata-rata 94.32.

Peringkat ke II diraih oleh Zaki Shafwan dari kelas IX E dengan jumlah nilai 1034.00 dan nilai rata-rata 94.00. Dan peringkat ke III diraih oleh Najla’ Alya’ Ula Wanabilah dengan Jumlah nilai 1024.85 dan nilai rata-rata 93.17.

Selain nilai ijazah tertinggi, dalam acara Wasana Warsa tersebut juga diberikan penghargaan terhadap tiga siswa berprestasi yang mendapatkan nilai murni ASAJ (Asesmen Sumatif Akhir Jenjang).

Siswa tersebut adalah Syafa Zhakira dari kelas IX E dengan jumlah nilai 1016,58 dan rata-rata 92,42 mendapatkan peringkat I. Zaki Shafwan dari kelas IX E dengan jumlah nilai 1003,50 dan rata-rata 91,23 mendapatkan peringkat II. Rizky Agung Wibawa dari kelas IX D dengan jumlah nilai 994,60 dan rata-rata 90,42 mendapat peringkat III.

BACA JUGA:Program Sister School, SMPN 2 Magelang Terima Kunjungan SMPN 7 Probolinggo

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Imam Baihaqi berpesan kepada seluruh siswa yang telah berhasil menempuh pendidikan di SMP agar memiliki cita-cita yang tinggi dan berusaha sekuat mungkin agar bisa meneruskan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

"Kerjasama antara orang tua dan pihak sekolah dalam membentuk karakter anak itu dipenting," pesan Kadinas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: