PSSI Kota Magelang Inisiasi Turnamen U-10 Sepakbola Jaring Bibit Pemain Sejak Dini

PSSI Kota Magelang Inisiasi Turnamen U-10 Sepakbola Jaring Bibit Pemain Sejak Dini

Ketua Askot PSSI Kota Magelang, Joko Budiyono membuka GEAS Sepakbola National Championship VII Regional Jateng DIY di Stadion Moch Soebroto Kota Magelang, Sabtu, 29 Juni 2024-DOKUMEN-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Sebanyak 20 klub Sekolah Sepakbola (SSB) mengikuti turnamen U-10 Generasi Emas Anak Sekolah (GEAS) Sepakbola Indonesia National Championship VII Regional Jateng-DI Jogjakarta, perebutan Piala DPRD Kota Magelang, di Stadion Moch Soebroto, Kota Magelang, Sabtu, 29 Juni 2024. Turnamen ini sudah digelar untuk ketujuh kalinya di Kota Magelang.

Ketua Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Magelang, Joko Budiyono mengatakan, event kompetisi olahraga sepakbola perlu untuk digelar. Hal ini diupayakan agar ada pembinaan atlet sepakbola sejak usia dini di Kota Magelang.

“Kita ingin ke depan Kota Magelang mencetak pemain-pemain talenta sejak dini. Maka kompetisi semacam ini harus selalu digelar,” kata Joko Budiyono usai membuka kompetisi GEAS Championship VII Regional Jateng-DI Jogjakarta, di Stadion Moch Soebroto, Kota Magelang.

BACA JUGA:72 Tim SSB se-Indonesia Ramaikan Piala Soebroto CUP di Magelang

Menurut Joko, pembinaan atlet sepakbola harus senantiasa dilakukan, terutama membidik potensi-potensi terbaik.

“Turnamen ini diprakarsai SSB bersama Askot PSSI Kota Magelang untuk pemajuan dan kemajuan sepakbola usia dini. Ada mimpi besar demi Kota Magelang bisa tembus ke kompetisi nasional,” katanya.

Mantan Sekda Kota Magelang tersebut menuturkan, Kota Magelang merupakan lumbung dari para pemain nasional.

BACA JUGA:Sepakbola Skanida FA Raih Juara 2 Antar Tim Trofeo Samapta

Ia mencontohkan, Bagas Kaffa yang sempat membela Tmnas U-23 di laga U-23 Piala Asia lalu juga berasal dari Magelang.

“Artinya bahwa Kota Magelang ini adalah lumbung atlet nasional apabila perhatian terhadap pembinaan dan prestasi ini dilakukan secara terus menerus. Seperti contoh Piala DPRD Kota Magelang saat ini, yang sudah digelar 7 kali,” jelasnya.

Di sisi lain, ada keuntungan besar adanya perhelatan rutin ini setiap tahun. Menurut Joko, dengan turnamen, akan ada gairah dan animo warga mendukung anak-anak yang ternyata gandrung sepakbola.

“Gairah ini kembali muncul, meski di Kota Magelang tradisi sepakbola tidak begitu kuat, tapi event semacam ini ternyata mendapat dukungan dari masyarakat,” terangnya.

BACA JUGA:Serambi Pasar Jadi Solusi Sederet Permasalahan Pasar di Kota Magelang

Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Ketua SSB Fajar, Adi Wicaksono menyebut, GEAS menjadi wadah pembinaan atlet usia dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres