APBD Temanggung Semakin Menyusut, Perlu Inovasi dari Kepala Perangkat Daerah

APBD Temanggung Semakin Menyusut, Perlu Inovasi dari Kepala Perangkat Daerah

PAPARAN. PJ Bupati Temanggung memberikan paparan saat rakor di Ruang Gajah, Rabu 10 Juli 2024.-Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Penjabat (Pj) Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo mengakui, kondisi nyata Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Temanggung semakin menyusut setiap tahun, sehingga perlu inovasi dari masing-masing Kepala Perangkat Daerah agar mendapatkan DAK (Dana Alokasi Khusus) sebanyak-banyaknya.

"Saat ini, kita 7.096 dana didukung oleh dana transfer Pemerintah Pusat, hanya sekitar 3.026 yang dari APBD. Ini perlu menjadi fokus, bagaimana kita dapat berinovasi," katanya, Rabu 10 Juli.

Pj Bupati meminta kepada perangkat daerah untuk berusaha dengan maksimal di Pemerintah Pusat agar dana yang telah direncanakan dapat turun demi terealisasinya inovasi yang telah didesain.

BACA JUGA:KPU Temanggung Luncurkan WA Both, Satu-satunya di Jateng

Selain mengimbau usaha Pemerintah Daerah yang maksimal, Pj Bupati juga menyampaikan prioritasnya untuk mengedepankan irigasi dalam DAK ini.

Irigasi menjadi sangat penting untuk keberlanjutan swasembada pangan, terlebih di cuaca yang tidak menentu ini.

Kepala Bappeda Temanggung, Dwi Sukarmei menyampaikan, bahwa ada ada empat Lokasi Prioritas (Lokpri) yang sudah masuk ke dalam DAK 2025 periode I, yaitu Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan, Bidang Sanitasi, dan juga Bidang Irigasi.

Empat bidang ini menjadi bidang prioritas yang dananya akan diajukan ke Pemerintah Pusat.

BACA JUGA:Perbaikan Jalan Rusak Parah di 2 Kecamatan di Kabupaten Magelang, Warga: Truk Dilarang Melintas

Beberapa poin penting yang menjadi perhatian pada rakord kali ini adalah mengenai timeline penyelesaian tugas masing-masing perangkat daerah, terkait usulan DAK 2025.

Diharapkan, semua perangkat daerah menyelesaikan urusan DAK sebelum tanggal 11 Juli 2024. Selain itu, disampaikan juga total usulan DAK Fisik Kabupaten Temanggung Tahun 2025 sebesar 297 miliar, dan DAK Non Fisik sebesar 295 miliar. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres