Tiga Pekan Berjalan Proses Coklit Data Pemilih Pilkada Kabupaten Magelang Sudah Mencapai 98 Persen

Tiga Pekan Berjalan Proses Coklit Data Pemilih Pilkada Kabupaten Magelang Sudah Mencapai 98 Persen

Petugas Pantarlih didampingi PPK Bandongan dan PPS setempat melakukan proses pencocokan data dan penelitian di salah satu rumah tokoh masyarakat di Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang.-DOKUMEN-PPK BANDONGAN

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Proses pencocokan dan penelitian atau coklit untuk pemutakhiran data pemilih pemilihan kepala daerah di Kabupaten Magelang telah mencapai 97,62 persen. Bahkan dua kecamatan yakni Kaliangkrik yang memiliki 100 tempat pemungutan suara (TPS) dan Windusari dengan 76 TPS telah tuntas 100 persen.

Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Kabupaten Magelang Siti Nurhayati mengatakan, capaian coklit hingga hari ini terus bertambah.

"Targetnya segera tuntas 100 persen untuk 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang," kata Siti Nurhayati, Sabtu, 13 Juli 2024.

Menurut data KPU Kabupaten Magelang ada 6 kecamatan yang saat ini sudah mencapai lebih dari 99 persen proses coklit. Sedangkan 13 sisanya sudah di atas 91 persen.

BACA JUGA:Jelang Pilkada di Purworejo, KPU Dilatih Amankan Dokumen Pemilu saat Kebakaran

Di Kabupaten Magelang, kata Nurhayati, total data turun untuk pemutakhiran data pemilih adalah 1.004.518. Adapun data coklit sebanyak 943.157.

Sedangkan jumlah total TPS di Kabupaten Magelang adalah 1.988.

Nurhayati menambahkan, walau Kabupaten Magelang diprediksi segera tuntas 100 persen, namun dalam dua pekan ke depan, petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) masih akan mengecek kembali seluruh data coklit.

Hal ini karena di beberapa kondisi, terjadi kendala yang dihadapi petugas Pantarlih ketika datang ke rumah warga.

Misalnya ada warga yang sedang tidak di rumah, tetapi Pantarlih mengisi ADP-nya karena sudah didatangi.

"Oleh karena itu, mereka akan mengecek kembali hasil kerjanya untuk memastikan apakah ada pemilih yang belum sempat ketemu karena alasan-alasan seperti itu," imbuhnya.

BACA JUGA:Coklit Serentak, Petugas Pantarlih Datangi 12 Tokoh Kabupaten Magelang, Salah Satunya Mantan Bupati

Menurut dia, bagi pemilih yang belum bisa ditemui pada kunjungan pertama, mereka akan didatangi kembali oleh Pantarlih.

Lebih lanjut Siti Nurhayati mengaku optimistis proses coklit di Kabupaten Magelang bisa rampung sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh KPU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres