Kembalikan Kejayaan Koperasi di Kota Magelang Sebagai Saka Guru Perekonomian

Kembalikan Kejayaan Koperasi di Kota Magelang Sebagai Saka Guru Perekonomian

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz memberikan sambutan gerak jalan dalam rangka peringatan Hari Koperasi di Alun-alun Kota Magelang-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Ratusan warga dan pegawai Pemkot Magelang memeriahkan Hari Koperasi ke-77, Jumat, 19 Juli 2024 lalu dengan menggelar kegiatan gerak jalan dan senam bersama Rodanya Mas Bagia di Alun-alun.

Kegiatan olahraga tersebut diinisiasi Dinas Perindustrian Perdagangan  Koperasi dan Usaha Mikro (DPPKUM) Kota Magelang bersama Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Magelang.

Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz mengatakan, momentum peringatan Hari Koperasi diharapkan mampu menjadi pengelolaan koperasi yang sehat.

BACA JUGA:WOW! Ada 207 Koperasi di Wonosobo Bakal Dibubarkan, Ada Apa?

Sebab menurutnya, koperasi andil besar memaknai kemajuan pembangunan dan memutus mata rantai kesenjangan masyarakat di Kota Magelang.

"Keberadaan koperasi di Kota Magelang cukup strategis mendongkrak perekonomian. Mengingat banyaknya UMKM yang tentunya membutuhkan dana modal, promosi produk UMKM yang dapat dan harus dibantu koperasi, serta pelayanan lain yang dapat dikelola oleh koperasi," kata dia.

Sesuai dengan misi Pemkot Magelang dalam hal pemberdayaan UMKM, kata Aziz, maka peran koperasi sangat diperlukan.

BACA JUGA:Tingkatkan Kesejahteraan Lansia, Dinkes Kota Magelang Wujudkan Program Kampung Santun Lansia

Dia menuturkan, koperasi tidak hanya memberikan pinjaman modal saja tetapi juga wajib memberdayakan usaha anggotanya.

"Jika semua berjalan dengan baik, Insya Allah baik koperasi maupun UMKM akan maju beriringan dan sejahtera bersama-sama," imbuhnya.

Aziz berpesan agar koperasi-koperasi di wilayahnya dapat meningkatkan peran, dan sejajar dengan badan usaha lain untuk menjadi Saka Guru perekonomian di Indonesia.

"Pengurus atau pengelola koperasi agar dapat mewujudkan prinsip kemandirian koperasi, harus sudah memakai teknologi terkini. Selain itu juga bisa bekerja sama antar koperasi, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan koperasi," terangnya.

BACA JUGA:Libur Sekolah Hampir Usai, Jumlah Pengunjung Perpustakaan Kota Magelang mengalami Peningkatan

Di sisi lain, DPPKUM Kota Magelang juga sangat penting dalam mewujudkan pelaku koperasi yang profesional. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres