Calon Paskibraka Purworejo Mulai Jalani Pelatihan Intens

Calon Paskibraka Purworejo Mulai Jalani Pelatihan Intens

BARIS-BERBARIS. Sebanyak 30 calon Paskibraka Kabupaten Purworejo menjalani latihan instens baris-berbaris di kawasan Alun-alun Purworejo-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Pelatihan intens mulai diterapkan terhadap 30 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Purworejo untuk mempersiapkan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Beragam jenis pelatihan harus mereka jalani, seperti baris-berbaris yang dipusatkan di kawasan Alun-alun Purworejo mulai Jumat (26/7).

Kepala Bidang Kesatuan Bangsa pada Badan Kesbangpol Kabupaten Purworejo, Bambang Wisnu AP, menyebut, sebanyak 30 anggota calon Paskibraka tersebut terdiri atas 16 anggota laki-laki dan 14 anggota perempuan.

BACA JUGA:Dinkominfostandi Purworejo Ajak Siswa Baru Bijak Bermedsos

Nantinya mereka akan dikukuhkan oleh Bupati Purworejo menjadi Paskibraka Kabupaten Purworejo pada tanggal 15 Agustus 2024 di Pendopo Kabupaten Purworejo.

Menurutnya, pelatihan dimulai pada 26 Juli sampai 2 Agustus 2024 di outdoor atau luar ruangan. Kemudian pelatihan selanjutnya dari 3 Agustus sampai 16 Agustus 2024, Calon Paskibraka akan dikarantina di Hotel Plaza Purworejo selama dua pekan.

"Latihan dilaksanakan setiap hari.  Seluruh Calon Paskibraka akan mendapatkan latihan baris-berbaris, fisik, dan materi," sebutnya.

Dijelaskan, calon Paskibraka yang melaksanakan pemusatan pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) didampingi oleh para pelatih dari TNI, Polri, dan Purna Paskibraka untuk mengarahkan para Calon Paskibraka agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Setelah dikukuhkan, mereka akan menjalankan dua penugasan, yakni pengibaran dan penurunan bendera pada HUT ke-79 Kemerdekaan RI dan penugasan kedua kalinya pada tanggal 1 Juni 2025 di Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila.

BACA JUGA:Tari Dolalak Massal di Purworejo Tandai Terbentuknya Forum Anak Pituruh

Bambang Wisnu berharap agar calon Paskibraka dapat mengikuti pelatihan dengan baik sehingga tugas yang dijalankan berjalan dengan lancar.

"Harapannya secara garis besar, anak-anak dalam menjalankan tugasnya bisa berjalan lancar, termasuk dari segi fisik dan baris-berbaris, dan yang lainnya dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tandasnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres