Safari Mental Health, Cegah Depresi di Kalangan Siswa SMA Magelang

Safari Mental Health, Cegah Depresi di Kalangan Siswa SMA Magelang

SAFARI. Kegiatan Safari Mental Health di MA Windusari.-Hendri Saputra-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Kolaborasi antara Komunitas Gabut Indonesia (perkumpulan mahasiswa Indonesia) dan Forum Kesetaraan Untidar melakukan Safari Mental Health ke berbagai SMA di Magelang Raya.

Ayudya selaku koordinator kegiatan menjelaskan, program ini berawal dari keresahan dan keprihatinan terhadap kondisi mental di masa transisi siswa-siswi SMA.

"Melihat dari pengalaman kita dulu sewaktu sekolah bahwa masa transisi waktu SMA merupakan masa yang sulit untuk dijalani kebanyakan siswa, khususnya anak kelas 3 SMA. Masa transisi dari pelajar menuju ke dunia yang selanjutnya menjadi tantangan tersendiri. Banyak yang masih bingung untuk menentukan masa depan mereka setelah lulus SMA, entah mau lanjut kuliah atau kerja serta ketakutan hingga mengalami depresi dalam menjalani masa yang akan datang," terang Ayudya kemarin.

BACA JUGA:Program ISF, 33 Siswa SMP Mutual Kota Magelang Kunjungi Tiga Negara

Dijelaskan dalam kondisi ini kebanyakan mereka akan merasa gelisah dan terkadang bingung dengan arah tujuan selanjutnya.

"Dari situ kami melakukan program berkelanjutan terkait edukasi dan pendampingan kesehatan mental terhadap siswa-siswi yang bertajuk great mental health to good future,"  imbuhnya.

Tujuan adanya kegiatan tersebut untuk membantu serta mendampingi para siswa-siswi bisa terus semangat serta mempunyai motivasi lebih untuk terus memperjuangkan masa depan mereka.

"Terkait program ini kami sudah berjalan beberapa lokasi salah satunya di MA Windusari Kabupaten Magelang. Kami memberikan edukasi dan pendampingan terkait manajemen emosional yang baik dan benar, agenda selanjutnya  kami akan di laksanakan di SMK N 1 Windusari. Kami akan terus melakukan Safari Mental Health ini di berbagai SMA di Kota Magelang maupun Kabupaten Magelang," ujarnya.

BACA JUGA:7 Tersangka Kasus Tawuran Antar-SMP di Magelang Ditangkap, 1 Meninggal Dan 2 Orang Luka Parah

Ayudya menambahkan terkait respon dari siswa-siswi dan sekolah sangat luar biasa antusiasmenya, terkadang yang datang bukan hanya anak kelas 3 saja, tapi ada kelas 1 atau 2 yang ikut jadi peserta.

"Kami berharap bahwa dengan kegiatan Safari Mental Health ini bisa membantu para siswa-siswi untuk menjaga kesehatan mental mereka demi masa depan yang lebih cemerlang nantinya," tandasnya. (mg6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres