Kabupaten dan Kota Magelang Cetak Rekor: Raih Penghargaan UHC 2024

Kabupaten dan Kota Magelang Cetak Rekor: Raih Penghargaan UHC 2024

PENGHARGAAN. Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto didampingi Asisten Administrasi Umum Asfuri Muhsis saat menerima penghargaan UHC Tahun 2024.-Istimewa-Magelang Ekspres

MAGELANG,MAGELANGEKSPRES - Kabupaten Magelang maupun Kota Magelang berhasil meraih penghargaan bergengsi Universal Health Coverage (UHC) pada tahun 2024, sebagai bukti komitmen mereka dalam menyediakan pelayanan kesehatan berkualitas bagi warganya.

enghargaan tersebut diserahkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Krakatau Ballroom, TMII Jakarta, pada hari Kamis, 8 Agustus.

Khusus Kabupaten Magelang, mereka berhasil melampaui target nasional sebesar 98% yang ditetapkan melalui Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020. Capaian gemilang ini membuat mereka berhasil meraih penghargaan kategori Pratama.

BACA JUGA:Kota Magelang Kembali Raih UHC Tertinggi Tingkat Nasional

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Magelang, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami mencapai cakupan UHC 95% ini," kata Pj Bupati Kabupaten Magelang, Sepyo Achanto, dalam keterangan yang diterima.

Sepyo berharap atas raihan ini dapat terus memperkuat kerja sama dan mencapai target hingga 100%. UHC telah meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Magelang secara signifikan, sehingga masyarakat menjadi lebih sehat dan sejahtera.

Sementara itu, Kota Magelang berhasil meraih penghargaan UHC Awards 2024 kategori teratas. Seluruh penduduk kota yang berjumlah 129.849 jiwa kini telah tercakup dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), melampaui target UHC nasional.

"Penghargaan ini merupakan pengakuan atas dedikasi pemerintah daerah kami dalam memastikan warga kami memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, " kata Hamzah Kholifi, Sekda Kota Magelang.

BACA JUGA:KEREN! Capaian UHC Kabupaten Kebumen Sentuh 98,14 Persen

Ajang UHC Awards menyoroti kemajuan signifikan yang telah dicapai di seluruh Indonesia dalam memperluas cakupan pelayanan kesehatan.

Sebanyak 460 kabupaten dan kota, termasuk kedua Magelang, telah berhasil mencapai status UHC. Selain itu, seluruh 33 provinsi di Indonesia telah memenuhi target UHC nasional.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan komitmen pemerintah terhadap jaminan kesehatan universal dan menyerukan peningkatan mutu layanan kesehatan secara berkelanjutan.

"Kita telah melampaui target nasional sebesar 98% cakupan JKN, dan kita akan terus berupaya meningkatkan mutu layanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, " katanya.

Ma'ruf Amin juga menghimbau seluruh daerah untuk memperluas cakupan JKN hingga 100% dan memastikan monitoring dan evaluasi pelayanan kesehatan efektif.

BACA JUGA:Purworejo UHC Prioritas, BPJS Kesehatan Lanjutkan Sinergitas dengan Kejari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres