Alkap Dewan Kota Magelang Ditarget Rampung Bulan Depan

Alkap Dewan Kota Magelang Ditarget Rampung Bulan Depan

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz memberikan ucapan selamat kepada anggota DPRD yang baru saja dilantik Kevin Mahesa dan Marjinugroho, Senin, 19 Agustus 2024-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM -- Proses pembentukan alat kelengkapan (alkap) di DPRD Kota Magelang periode 2024-2029 ditarget rampung bulan depan. Pimpinan sementara legislatif pun menarget penyusunan alkap bisa dilakukan cepat dan proporsional.

Ketua DPRD Sementara Kota Magelang Kevin Septa Haryanto Kamil mengatakan, pascapengangkatan anggota dewan, pihaknya segera mengirim surat rapat koordinasi dengan anggota guna membahas langkah selanjutnya, termasuk penyusunan alkap.

"Yang pertama adalah pembentukan fraksi terlebih dahulu. Kemudian baru kita susun alkap melalui rapat fraksi," kata Evin.

BACA JUGA:Evin Jabat Ketua Sementara DPRD Kota Magelang

Evin ditunjuk sebagai ketua sementara, karena partainya, PDIP menjadi partai pemenang saat pemilihan legislatif (pileg) Februari 2024 lalu.

Sementara di posisi wakil ketua sementara, politisi PKB, Imam Indra Setyawan ditunjuk sebagai pendamping ketua hingga alkap DPRD terbentuk nantinya.

"Untuk target sebenarnya 30 hari. Tapi kami berusaha supaya alkap bisa terbentuk sebelum batas waktu. Kemungkinan di bulan September nanti," imbuh Evin.


Evin Septa Haryanto Kamil jabat ketua sementara DPRD Kota Magelang-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

BACA JUGA:Program DPRD Menyapa Kota Magelang dari Aspirasi Dikonversi Jadi Solusi

Ditanya soal program ke depan sebagai wakil rakyat, mantan Ketua Komisi C DPRD Kota Magelang itu ingin agar DPRD bisa lebih dekat lagi dengan warganya.

"Program yang lalu seperti DPRD Menyapa itu sangat baik, dan kemungkinan akan kita lanjutkan dengan modernisasi dan penyempurnaan, supaya kuantitas dan kualitasnya lebih baik," tandasnya.

Sebagai informasi jumlah kursi Anggota DPRD Kota Magelang yang baru saja dilantik terdiri dari PDI Perjuangan (PDIP) 7 kursi, PKB 4 kursi, PKS 3 kursi, Partai Gerindra 3 kursi, Partai Demokrat 3 kursi, Partai Golkar 3 kursi, dan Partai Hanura 2 kursi.

BACA JUGA:Masa Jabatan Anggota DPRD Purworejo Periode 2019-2024 Habis, Pelaksanaan Tiga Fungsi DPRD Dinilai Baik

Dengan komposisi itu maka kursi Ketua DPRD Kota Magelang definitif dipastikan berasal dari PDIP. Sedangkan PKB dan PKS kemungkinan akan mengisi kursi wakil ketua DPRD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres