Belum Dapat Sosialisasi, Petani Tembakau di Temanggung Belum Paham PP 28/2024

Belum Dapat Sosialisasi, Petani Tembakau di Temanggung Belum Paham PP 28/2024

JEMUR. sejumlah petani sedang menjemur tembakau dilapangan Desa Kledung Kecamatan Kledung, Selasa 3 September 2024.-Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

"Sekarang itu kualitas tembakau bagus, tapi harga jual tembakau masih rendah, sampai saat ini tembakau baru terjual Rp50.000 sampai Rp60.000 per kilogram,"jelasnya.

Dengan kualitas tembakau seperti saat ini lanjutnya, seharusnya harga jual tembakau bisa jauh lebih baik dari tahun 2023 lalu.

"Minimal dibeli dengan harga Rp75.000, dengan harga beli ini petani masih mendapatkan keuntungan meskipun hanya sedikit," tuturnya.

Ketua Asosasi Petani Tembakau Indonesia APTI cabang Temanggung Siyamin menambahkan, kondisi pertanian tembakau saat ini diluar dugaan, petani berharap bulan Agustus menjadi bulan terbaik dalam penjualan tembakau.

BACA JUGA:Partai Non Parlemen di Temanggung, Hanya PSI yang Dukung Paslon Bupati-Wakil Bupati

Namun lanjut Siyamin, pada kenyataanya sampai dengan awal September 2024, salah satu perwakilan pabrik rokok kretek belum melakukan pembelian tembakau dari petani.

"Pemerintah harus segera turun tangan, sehingga harga jual bisa semakin baik dan petani bisa semakin sejahtera," harapnya. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres