Seri Amal Saleh yang Pahalanya Terus Mengalir #4, Menanam Kurma

Seri Amal Saleh yang Pahalanya Terus Mengalir #4, Menanam Kurma

Seri Amal Saleh yang Pahalanya Terus Mengalir #4, Menanam Kurma--

BACA JUGA:Kedahsyatan Bacaan Bismillah sebelum Makan : Menghalangi Setan Ikut Makan

Pahala yang agung ini juga mencakup segala jenis pohon karena disebutkan pohon kurma secara khusus dalam hadis tersebut adalah untuk menunjukkan keunggulannya dan begitu banyak manfaatnya.

Sehingga, setiap orang yang menanam pohon, kemudian ada manusia, termasuk juga hewan  yang memanfaatkannya maka itu bernilai sedekah baginya. Pahalanya akan sampai kepadanya semasa hidup dan setelah dia mati.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلَ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ بَهِيْمَة ٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ

“Tidaklah seorang muslim menanam pohon atau menanam tanaman, kemudian pohon atau tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia, atau binatang melata melainkan itu menjadi sedekah baginya.” (Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dalam kitab ash-Shahihnya no. 2320 dan Imam Muslim dalam kitab ash-Shahihnya no. 1554).

Semoga kita semakin termotivasi untuk melakukan amal saleh yang bermanfaat bagi makhluk lain. Sekecil apa pun amal saleh tersebut maka pahalanya akan terus mengalir walaupun kita sudah mati. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: