Peduli Kemanusiaan, DPC PDIP Kota Magelang Rutin Gelar Donor Darah

Peduli Kemanusiaan, DPC PDIP Kota Magelang Rutin Gelar Donor Darah

DONOR. Kader dan simpatisan DPC PDIP Kota Magelang menggelar aksi donor darah, Minggu (12/6).(foto : wiwid arif/magelang ekspres)-DPC PDIP Kota Magelang -Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG - Untuk kesekian kalinya, DPC PDI Perjuangan Kota Magelang menggelar bakti sosial donor darah, di kantor DPC setempat, Jalan Urip Sumoharjo, Minggu (12/6). Bakti sosial donor darah ini konsisten digelar sejak tahun 2019, sebagai wujud kepedulian kemanusiaan partai pemenang Pemilu di Kota Magelang itu.

Ketua DPC PDIP Kota Magelang, Budi Prayitno mengatakan, donor darah ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang saat ini membutuhkan bantuan darah.

“Sejak tahun 2019 lalu, setiap tiga bulan sekali, kita rutin mengadakan donor darah. Ini upaya kemanusiaan dan kepedulian DPC PDIP, terutama menyangkut kebutuhan stok darah di PMI,” kata pria yang akrab disapa Udi itu.

Ia menjelaskan, sebelum pandemi Covid-19, aksi donor darah bahkan bisa digelar tiap bulan sekali. Ia menilai antusiasme dari kader, simpatisan partai, hingga masyarakat umum sangat tinggi.

“Setiap mengadakan aksi donor darah, hampir 75 kantung darah bisa kita serahkan ke PMI. Para pendonor ini sebagian besar adalah masyarakat umum, kader, dan simpatisan yang punya kepedulian terhadap kemanusiaan,” ujarnya.

Udi yang juga Ketua DPRD Kota Magelang itu menambahkan bahwa donor darah tidak menjadi aksi sosial satu-satunya dilakukan DPC PDIP. Saat pandemi lalu, pihaknya secara konsisten menggelar pembagian masker, cairan disinfektan, sembako, dan lainnya.

“Kenapa donor darah ini rutin kami gelar, karena di samping untuk mengakomodasi para pendonor (darah) rutin, juga untuk menambah stok PMI Kota Magelang. Kita tahu kalau PMI kita itu sering jadi jujukan rumah sakit di eks-Karesidenan Kedu,” ucapnya.

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi DPC PDIP Kota Magelang, Windarti Agustina mengatakan, kegiatan donor darah juga diharapkan dapat meningkatkan semangat kader PDIP untuk saling membantu terhadap sesama dan gotong-royong guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat.

Sebelum melakukan donor darah, para pendonor wajib melakukan screening terlebih dahulu untuk mengetahui apakah calon telah memenuhi persyaratan secara umum. Pelaksanaan donor darah tidak dapat dilakukan oleh DPC PDIP dan PMI Kota Magelang yang memiliki riwayat penyakit khusus.

Dengan kegiatan donor darah yang rutin dilaksanakan DPC PDIP ini, Windarti berharap darah yang didonorkan dapat membantu memenuhi kebutuhan kantung darah PMI Kota Magelang yang nantinya bisa didistribusikan ke rumah sakit yang berada di wilayah Magelang dan sekitarnya.

“Kami sangat mengapresiasi atas dukungan yang diberikan PMI Kota Magelang selama ini. Hal ini menunjukkan kalau PDIP kompak untuk membantu melalui berbagai hal demi tercapainya kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa para peserta donor darah berasal dari internal partai dan masyarakat umum. Kegiatan ini pula, katanya, menjadi agenda rutin DPC PDIP Kota Magelang.

“Sering kami menggelar bakti sosial salah satunya donor darah. Selama 2021 sudah digelar 4 kali di bulan Maret, Juni, September, dan terakhir di Desember. Tahun 2022 ini tentunya akan semakin sering digelar karena Covid-19 sudah mulai melandai,” pungkasnya. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com